JawaPos Radar

Wabup Tuban Dorong Koperasi Mampu Beradaptasi

08/08/2018, 11:19 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Nahar Hussein
Wakil Bupati Tuban Nahar Hussein saat Resepsi Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 Kabupaten Tuban 2018 di Pendopo Kridho Manunggal, Tuban, Rabu (8/8). (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Revolusi industri 4.0 dengan berbagai kemajuan teknologi harus dapat dimanfaatkan. Tak terkecuali koperasi yang harus dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tuban Nahar Hussein. "Berbagai data harus dapat dibentuk dan dipogram untuk selanjutnya diartikulasikan. Salah satunya melalui e-commerce. Ha ini juga menjadi wujud aktulisasi diri koperasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi," ujar Nahar Resepsi Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 Kabupaten Tuban 2018 di Pendopo Kridho Manunggal, Tuban, Rabu (8/8).

Satu hal lagi yang diperlukan adalah pengembangan sumber daya manusia. Dengan memanfaatkan bonus demografi, koperasi harus dapat melatih generasi muda yang berprestasi menjadi insan-insan koperasi.

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tuban ini lantas menyoroti koperasi simpan pinjam yang banyak diminati masyarakat. Menyikapi potensi koperasi jenis tersebut, perlu adanya pengembangan seperti halnya minibank. "Aturannya tetap mengikuti koperasi yang sudah maju. Sehingga bisa mengoptimalkan peranan koperasi di masyarakat," jelas Nahar.

Terkait dengan aplikasi yang dikembangkan Diskoperindag Tuban berupa Pro-Ka UKM, nahar menginstruksikan agar produk unggulan koperasi dan UMKM serta objek wisata di Tuban dapat diintegrasikan menjadi satu. "Promosi juga kian digencarkan. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi dan kontennya dengan maksimal," terang tokoh NU Tuban ini.

Sementara itu, Sekretaris Dekopinwil Jawa Timur (Jatim) Sularso menyampaikan, koperasi menjadi pilar utama dalam rangka pemerataan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, dan mengurangi disparitas di masyarakat.

Karena itu, semua pihak diharapkan berkomitmen untuk berkontribusi pada kemajuan koperasi. Mulai dari pemerintah, DPRD, BUMN, BUMD, sektor ekonomi dan pendidikan serta masyarakat. "Ini menjadi momentum untuk menguatkan komitmen dan berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita koperasi," serunya.

Sularso mengimbau kepada Dekopinda Tuban untuk menyosialisasikan fungsi dan peran koperasi di masyarakat, di luar pengurus dan anggota. Di sisi lain, Diskoperindag Tuban juga perlu melakukan pengembangan SDM koperasi.

Ketua Dekopinda Kabupaten Tuban Rudis Sampurno Winasis menambahkan, berbagai kegiatan telah diselenggarakan dalam rangka menyemarakan Hari Koperasi ke-71. Antara lain Gelar Kreasi Pemuda Koperasi Se-Jatim, serta pameran koperasi dan sarasehan tingkat Jatim.

Di tingkat Kabupaten Tuban, diadakan Lomba Koperasi Berprestasi, Cerdas Cermat tingkat SLTA se-Kabupaten, bakti sosial dengan memberikan sembako kepada tukang becak, serta jalan sehat umum.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menyampaikan bahwa di Kabupaten terdapat 1.246 koperasi. "Dengan catatan, 30 persen dari jumlah total koperasi membutuhkan dorongan dan pendampingan," ungkap Agus Wijaya.

Dari jumlah tersebut, tercatat keanggotaan koperasi berjumlah kurang lebih 157 ribu orang. Sedangkan aset yang dimiliki koperasi mencapai kurang lebih Rp 600 miliar dan Sisa Hasil Usaha (SHU) mencapai Rp 19 miliar. "Hal ini menunjukkan bahwa koperasi mampu menjadi saka guru perekonomian nasional," tegas mantan Kabag Humas Setda Tuban ini.

Selain itu, Diskoperindag juga tengah berupaya mendorong dan menfasilitasi terkait pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Di antaranya melalui fasilitasi dan pendampingan merk dagang, peningkatan kualitas kemasan, dan promosi.

"Ke depan juga ada pengembangan aplikasi Pro-KaUKM dengan memberikan detail tentang UMKM dan Koperasi. Termasuk lokasi dan produknya. Serta akan memuat produk unggulan dan lokasi objek wisata," pungkasnya.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up