JawaPos Radar

40 Penghuni Rutan Solo Jalani Tes Urine

08/08/2018, 10:42 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Rutan Solo
PEMERIKSAAN: Sejumlah barang ditemukan di kamar tahanan di Rutan Solo. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan penggeledahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA, Solo, Rabu (8/8) pagi. Seluruh warga binaan kasus narkoba diperiksaan. Bahkan, 40 warga binaan harus menjalani tes urine. Hasilnya, satu warga binaan terindikasi positif.

"Tetapi belum pasti mengkonsumsi narkoba. Makanya ini akan kami pastikan lagi. Apakah yang bersangkutan menggunakan narkoba atau tidak. Kalau dari pengakuannya, mengkonsumsi obat asma," ucap Kabag Bin Ops Ditreskoba Polda Jateng AKBP Djoko Tjahjono.

Penggeledahan turut melibatkan instansi terkait. Seperti Badan Narkotika Nasional (BNN), Rutan, TNI, BNK, dan polres. Puluhan petugas mulai melakukan pemeriksaan dan penggeledahan sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebelum melakukan penggeledahan, anggota mengikuti apel terlebih dahulu. Selanjutnya, anggota menyebar ke blok yang dihuni narapidana kasus narkoba. Dalam penggeledahan, sedikitnya ada 173 warga binaan yang diperiksa.

Dalam penggeledahan yang berlangsung lebih kurang satu jam, petugas tidak menemukan narkoba. Petugas justru mendapati sejumlah barang yang tidak seharusnya berada di dalam Rutan. Seperti senjata tajam, dadu, remi dan alat-alat yang sudah dimodifikasi lainnya.

Djoko menjelaskan, kegiatan ini untuk memastikan bahwa di Rutan tidak ada penggunaan narkoba. "Untuk razia kali ini khusus bagi yang narkoba, dan hasilnya kami tidak menemukan ada narkoba. Melainkan menemukan barang lain yang tidak ada kaitannya dengan narkoba," urai Djoko.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IA Solo Muhammad Ulin Nuha mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin. Selain menggandeng dari polda, pemeriksaan juga sering dilakukan bersama dengan polres. "Ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up