JawaPos Radar

4 Masker Tomat Untuk Atasi Bintik-bintik Merah Pada Kulit Wajah

08/08/2018, 09:51 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
atasi bintik-bintik merah, manfaat tomat,
Atasi bintik-bintik merah pada kulit wajah dengan tomat. (bioClarity)
Share this

JawaPos.com - Pencemaran lingkungan dan penggunaan make-up yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah. Salah satunya adalah munculnya bercak atau bintik-bintik merah seperti jerawat dan alergi.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (8/8), bintik-bintik merah terjadi karena pendarahan internal di bawah kulit wajah. Terkadang bisa tampak ungu atau coklat dan titik berkisar dari 1 hingga 2 mm. Bintik-bintik ini dapat muncul di mana saja dan terlihat seperti ruam atau bentol yang berkerumun.

Jika sudah terjadi tanda-tanda demikian, dianjurkan untuk segera diperiksakan ke dokter. Namun sebelum berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya untuk menggunakan cara alami, yakni dengan buah tomat.

Tomat bertindak sebagai exfoliator alami, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori dan membersihkan kulit dengan menghapus lapisan atas sel kulit mati.Tomat mengandung alfa hidroksi dan asam salisilat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab ruam pada kulit.

Selain itu, tomat memiliki likopen, antioksidan kuat yang meningkatkan produksi kolagen dan membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut 4 cara mudahnya,

1. Gunakan Tomat Utuh

Cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari tomat adalah langsung mengaplikasikannya pada wajah. Caranya potong satu tomat matang menjadi setengah. Letakkan irisan tomat di kulit Anda dengan meremas dengan lembut. Biarkan di kulit selama satu jam dan kemudian bersihkan dengan air biasa. Gunakan cara ini setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Masker Tomat

Jika bintik merah memburuk, maka Anda bisa mencoba masker tomat. Hancurkan seluruh tomat dengan bantuan garpu atau peralatan dapur dalam mangkuk. Gunakan ampasnya (bagian dalam tomat) sebagai masker wajah dan biarkan selama satu jam. Cuci muka dan gunakan pelembab ringan. Ulangi proses ini 3-4 kali dalam seminggu.

3. Masker Tomat dan Alpukat

Sifat pelembab dari alpukat membantu menjaga kulit tetap halus dan lembut. Berbagai vitamin yang ada di dalamnya sangat bagus untuk perawatan kulit. Jadi, kombinasi alpukat dan tomat bisa membuat keajaiban bagi kulit Anda.

Caranya hancurkan satu tomat matang dan satu alpukat matang hingga menjadi pasta halus. Gunakan pasta ini di wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Gunakan 3-4 kali dalam seminggu.

4. Masker Tomat dan Madu

Madu mengandung antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini membantu mengurangi kemerahan pada kulit dan juga membantu menjaga kelembapan kulit.

Caranya tambahkan setengah cangkir jus tomat dan 2-3 sendok makan madu dalam mangkuk lalu aduk hingga rata. Lalu gunakan ke seluruh wajah dan pada area yang terdapat bintik-bintik merah. Biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air biasa. Gunakan obat ini 2-3 kali seminggu.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up