JawaPos Radar

Viral Ojol Perempuan Pukul Pejalan Kaki, Baca Nih Aturan Soal Trotoar

08/08/2018, 13:15 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Viral Ojol Perempuan Pukul Pejalan Kaki, Baca Nih Aturan Soal Trotoar
Ilustrasi ojol parkir di trotoar. (Dok Radar Bogor/ Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Video viral di media sosial YouTube seorang pejalan kaki menegur seorang perempuan pengemudi ojek online yang membawa penumpangnya lantaran sepeda motornya melintas di trotoar. Hal ini membuat netizen geram dengan aksi tersebut karena ojol malah memukul pejalan kaki tersebut.

Diketahui pria itu ternyata adalah salah satu anggota Koalisi Pejalan Kaki bernama Alif. Bukannya merasa bersalah, sopir ojol yang merupakan ibu-ibu itu malah memarahi si pejalan kaki. Bahkan si ibu sempat memukul si pejalan kaki dengan menggunakan helm yang ia pakai.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Sutimin Sugiyo membenarkan ada kejadian terjadi di wilayahnya. Kata dia kejadian itu terjadi di kawasan trotoar Jatiwaringin, Jakarta Timur, Senin (6/8) malam.

AKBP Sutimin menyayangkan tindakan pengendara karena melintas di lokasi yang bukan peruntukannya. Menurut dia, pengendara itu bisa ditindak oleh polisi seperti penilangan.

"Bisa, bisa ditilang, kenapa nggak bisa. Ada pasal yang mengaturnya itu, itu masuk ke bukan peruntukannya," kata Sutimin, Selasa (7/8).

Dia juga menyayangkan sikap pengendara yang justru marah-marah pada si pejalan kaki dan menuding si pejalan kaki tak berwenang melakukan teguran. Sutimin meniliai apa yang dilakukan si pejalan kaki sudahlah tepat.

"Lalu lintas itu tidak hanya polisi saja, semua masyarakat membantu, itu namanya kepedulian," ujar dia.

Terkait tindakan pemukulan kepada si pejalan kaki dengan menggunakan helm, Sutimin menilai hal tersebut masuk ke ranah reserse. Apabila si pejalan kaki sebagai korban membuat laporan, tentu tindakan si ojol bisa berujung pidana.

"Oh iya, itu nanti dilaporkan (korban) ke SPKT untuk ditindak. Dia laporan sebagai korban, dia niat baik," pungkas dia.

(dna/ce1/bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up