JawaPos Radar

2 Ton Makanan Bergizi Balita dan Bumil Dipasok ke Lombok

08/08/2018, 08:53 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
korban gempa lombok, gempa lombok, penangan korban gempa lombok,
Salah seorang asien di salah satu rumah sakit yang terkena gempa di Lombok. (Ivan/Lombok Pos/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu tak hanya menyebabkan bangunan rusak parah dan jatuhnya korban jiwa. Tapi, juga berdampak pada terbatasnya pasokan makanan. 

Langkah sigap pun diambil Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan mengirimkan 2 ton Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Langkah PMT dilakukan agar masyarakat terdampak gempa Lombok bisa segera pulih dengan makanan yang sehat bergizi.

"Sebagai upaya pertolongan pada korban gempa di Lombok, NTB, kami tak hanya mengerahkan seluruh jajaran kesehatan, tetapi juga dilakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebanyak 2 ton," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes drg. Widyawati, MKM dalam keterangan tertulis, Selasa (7/8).

Kemenkes sendiri telah mengirimkan PMT kemarin, Selasa (7/8) pukul 05.25 WIB dan sekitar pukul 11.00 WIB melalui Bandara Soekarno Hatta. Sebanyak 2 ton PMT tersebut berisi 1,5 ton PMT balita dan 0,5 ton PMT ibu hamil.

PMT tersebut nantinya akan didistribusikan oleh pemerintah daerah. Di antaranya, sebanyak 0,5 ton akan didistribusikan ke Puskesmas Nipah, Kabupaten Lombok Utara.

"Sebetulnya, PMT merupakan program untuk ibu hamil kurang energi kronis dan untuk balita kurus. Namun, mengingat bencana ini darurat dan untuk mencegah kekurangan makanan bergizi, PMT tersebut harus segera dikirimkan," papar Widyawati.

Pengiriman PMT dilakukan berdasarkan permintaan dari pemerintah daerah. Kemudian teknis pendistribusian sampai ke masyarakat diatur oleh pemerintah daerah itu sendiri.

Saat ini, Kemenkes telah 2 kali mengirimkan PMT ke Lombok. PMT pertama dikirimkan minggu lalu pada Senin (30/7) sebanyak 2 ton. PMT itu berisi 1 ton PMT balita dan 1 ton lagi PMT untuk ibu hamil yang didistribusikan ke Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Barat. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up