JawaPos Radar

Sering Macet, Rekayasa Lalin Dilakukan di Pasar Pondok Labu

08/08/2018, 08:31 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sering Macet,  Rekayasa Lalin Dilakukan di Pasar Pondok Labu
Rekayasa lalin di Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, telah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Pondok Labu, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (7/8)

Sebelum melakukan rekayasa lalu lintas, Pemkot Jaksel terlebih dahulu menggelar apel di depan Apotek Roxy Pondok Labu, yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Arifin mengatakan, rekayasa ini dilakukan untuk mengurai kemacetan dan memberikan kelancaran terhadap arus lalu lintas yang berada di jalur tersebut.

"Ini menjadi perhatian kita bahwa jalan sepanjang Pondok Labu terutama di sekitar tempat Pasar Pondok Labu, volume kendaraannya luar biasa memang. Karena itu, kita coba hari ini lakukan, untuk adanya perubahan, rekayasa lalu lintas, khususnya bagaimana memberikan kelancaran dari arah Cinere yang masuk ke Pondok Labu, agar mereka tidak bertemu dengan kendaraan dari arah Fatmawati," ujarnya.

Arifin menjelaskan, dalam rekayasa arus lalin ini, nantinya kendaraan yang berasal dari arah Fatmawati menuju Pondok Labu dan Cinere, akan diarahkan ke Jalan Pinang, berlanjut ke Pinang 1, dan keluar di Jalan Satwa Raya.

"Memang sebelumnya secara situasional jalan sudah ditutup dari jam 06.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. Namun kalau kita lihat, jam 10 dilepas, kendaraan masih crowded, masih macet. Makanya ini kita coba lakukan rekayasa lalin ini untuk dipermanenkan 24 jam," terangnya.

Oleh karena itu, Arifin meminta kepada para petugas untuk selalu siap siaga dalam upaya melancarkan lalin di jalan tersebut. "Di titik-titik yang menjadi krusial kemacetan lalin. Ada anggota kita untuk membantu mengatur arus lalin," ucapnya.

Sementara itu, Kasudinhub Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pihak Kelurahan Pondok Labu, akan membuat sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan uji coba dan ketetapan permanen rekayasa lalin di Jalan Pondok Labu.

"Kita lihat dalam satu dua minggu di lapangan apa sih kekurangan dari yang kita terapkan itu, agar uji coba satu arah ini bisa optimal," pungkasnya.

(bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up