JawaPos Radar

Pecinta Serat, Begini Lho 3 Cara Bikin Salad yang Lezat

08/08/2018, 07:43 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
salad sayang sehat, salad bergizi seimbang, cara membuat salad sehat, diet sehat dengan salad, salad stop, menu salad stop,
Salad untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang ala SaladStop! (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kata siapa salad itu tidak enak dan hambar? Justru dengan kreativitas, siapapun bisa membuat salad yang bergizi, lezat, dan mengenyangkan. Tentu, penyajian salad bergizi seimbang terletak pada pemilihan bahan-bahan, dressing, dan topping-nya.

Marketing Manager SaladStop! Indonesia Adhi Putra Tawakal menjelaskan selama ini ada beberapa pengunjung dengan kategori tertentu dalam kebiasaan makan salad. Di antaranya, ada pengunjung yang memang niat hidup sehat dan terbiasa makan salad, tetapi ada juga memang yang masih pemula.

"Ada orang yang beli hanya bersifat rekreasi ingin makan salad. Tetapi ada juga yang terbiasa konsisten makan salad terus tiap hari, itu berarti sudah memahami serat itu baik bagi pencernaan," katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

salad sayang sehat, salad bergizi seimbang, cara membuat salad sehat, diet sehat dengan salad, salad stop, menu salad stop,
Salad dengan tortila untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang ala SaladStop! (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Maka Adhi memberikan tips bagi siapa saja yang ingin membuat salad sendiri. Tentu dengan cita rasa yang tetap segar, sehat, dan lezat.

Cara Mengaduk dan Bahan

Cara membuat salad yang perlu diperhatikan adalah aduk dengan merata (Mix it well). Sebab jika dressing dilakukan asal atau kebanyakan rasanya akan tidak bercampur dengan enak. Selain itu, sebaiknya bahan-bahannya jangan terlalu sedikit. Dalam membuat salad sebaiknya gunakan 4-6 sayur atau buah agar kandungan nutrisinya terpenuhi.

"Tetapi balik lagi itu selera ya. Ada yang mau bayam saja misalnya. Tetapi kan tetap mempertimbangkan gizi dan rasa," katanya.

Lalu, bagaimana pemilihan dressing dan topping dalam mebuat salad yang bergizi dan sehat?

Dressing

Untuk dressing atau bumbunya, sebaiknya cukup menggunakan 1 jenis dressing. Atau jikapun ingin mencampurnya menggunakan 2 jenis dressing harus bisa menyesuaikan rasanya. Dan tak perlu lagi ditambah dengan minyak zaitun misalnya.

"Seperti kami memadukan dua dressing yaitu Raspberry Vinaigrette dan Honey Mustard demi menciptakan rasa paling pas," katanya.

Bagi yang tak ingin menambah kalori, sebaiknya kurangi pemilihan dressing Thousand Island. Sebab mengandung banyak creamy, butter dan telur.

Topping

Topping juga tergantung kebutuhan seseorang. Ada yang menginginkan protein yang tinggi, maka bisa ditambahkan protein seperti telur, ikan, smoke beef dan lainnya.

"Ada yang mau kandungan lemak juga misalnya kami tambahkan keju. Atau lemak yang tak terlalu tinggi bisa diganti dengan ikan seperti baked salmon," ungkap Adhi. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up