JawaPos Radar

Tak Asal Sayur dan Buah, Ini Syarat Salad Bergizi Seimbang

08/08/2018, 07:16 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
salad sayang sehat, salad bergizi seimbang, cara membuat salad sehat, diet sehat dengan salad, salad stop, menu salad stop,
Salad dengan tortila untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang ala SaladStop! (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Semangkuk sayur dan buah di dalam salad barangkali tak disukai bagi kebanyakan orang. Akan tetapi keinginan untuk hidup sehat saat ini membuat seseorang mengubah pola makannya. Terutama bagi mereka yang menjalani diet, salad bergizi seimbang menjadi pilihan utama. Maka kreativitas dalam membuat salad di rumah harus mempertimbangkan keseimbangan gizinya.

Marketing Manager SaladStop! Indonesia Adhi Putra Tawakal menjelaskan kini masyarakat semakin peduli untuk menyantap makanan sehat salah satunya salad bergizi seimbang. Mengubah gaya dan selera masyarakat tidaklah mudah. Sebab, menurutnya, masyarakat Indonesia lebih sering mengonsumsi sayuran berbumbu.

"Masyarakat kan enak banget ya. Kita sering makan sayur pun dibumbui. Kangkung pakai bumbu balacan. Sayur lodeh pakai santan, lalu sayur asem dan lainnya. Intinya kita terbiasa makan sayur dibumbui. Ketika kami datang edukasi ke orang hei salad kami itu sayuran segar, mentah, bersih, bebas kuman dan rasanya enak lho menyenangkan," jelasnya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Maka saat menyantap salad bergizi seimbang, Adhi menyarankan agar masyarakat memilihnya sesuai selera dan mengukur kebutuhan tubuhnya. Salah satu syaratnya adalah warna dan jumlah item sayur yang terdapat dalam semangkuk salad.

"Makan sayur bisa kenyang dengan porsi besarlah. Maka tentu enggak kenyang kalau sayurnya cuma satu macam. Di kami, minimal pakai 6 sayur bahkan ada buah seperti orange dan tomat," kata Adhi.

Syarat lainnya dari salad bergizi seimbang dalah ketika seseorang tetap membutuhkan kalori dan protein. Caranya untuk menambahkan kalori bisa dengan menambahkan kentang atau tortila. Sedangkan untuk keseimbangan protein bisa ditambahkan smoked beef, ayam, serta telur dan ikan.

"Keseimbangan nutrisi, kami berikan yang seimbang. Ada yang menghindari karbo. Walaupun setiap karbo pasti ada dalam makanan dengan kadar yang berbeda-beda. Tapi kalau mau karbo full kami pakai wrap tortila dan bread stick," ujarnya.

Lalu karbo dan kalori juga bisa diperoleh dari dressing yang ditambahkan dalam salad itu sendiri agar gizinya seimbang. Bisa dengan menggunakan honey mustard dan dressing lainnya sesuai selera.

"Intinya salad bergizi seimbang bagus buat pencernaan karena banyak sayur yang dikonsumsi. Segar buat badan dan tak mengenyangkan. Baik untuk memperkaya serat vitamin dan mineral sebagai detoksifikasi atau mengeluarkan racun tubuh," jelasnya. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up