JawaPos Radar

Dokter Hewan: Kami Pastikan Sapi Kurban Pak Presiden Sehat

08/08/2018, 06:28 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Dokter Hewan: Kami Pastikan Sapi Kurban Pak Presiden Sehat
Ilustrasi, Presiden Jokowi jenis kurban sapi Peranakan Ongole (PO) dengan berat mencapai 1050 kilogram. (Imam Husain/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Presiden RI Joko Widodo akan kembali berkurban di Masjid Agung Palembang pada Hari Raya Idul Adha 1439 H mendatang. Kali ini, sapi yang akan dikurbankan yakni jenis Peranakan Ongole (PO) dengan berat mencapai 1050 kilogram.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, drh Mahmudin mengatakan, sapi milik orang nomor satu ini dipesan langsung kepada seorang pengusaha di Kenten, Banyuasin, Sumsel. Bobot sapi mencapai 1 ton lebih atau 1050 kilogram.

"Jenis sapinya PO, umur sapi 5 tahun berwarna putih," katanya saat ditemui di Kantornya, Selasa (7/8).

Pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap sapi tersebut, dimana pemeriksaan meliputi nafsu makan, kondisi tubuh, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pihaknya menyatakan sapi tersebut sehat dan diberikan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dengan nomor 524.3/DKPP 3.44/DKPP/VI/SKKH/2018.

"Jadi kami pastikan sapi yang akan dikurbankan presiden nanti sehat," ujarnya.

Ia menambahkan, mendekati Hari Raya Idul Adha ini pihaknya juga akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kepada peternak. Sidak ini untuk melihat sertifikasi apakah sapi tersebut sehat atau tidak serta kelayakan dari sapi yang dijual.

Sertifikasi hewan ternak ini sifatnya wajib agar masyarakat tidak tertipu terhadap kenakalan para pedagang.

"Jadi kami himbau bagi warga yang ingin membeli sapi harus menanyakan sertifikasinya sehingga tidak khawatir dengan kesehatan," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up