JawaPos Radar

Asian Games, LRT Kelapa Gading-Velodrome Hanya Operasikan 2 Stasiun

08/08/2018, 04:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Asian Games, LRT Kelapa Gading-Velodrome Hanya Operasikan 2 Stasiun
Pembangunan LRT Jakarta. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome baru dapat beroperasi penuh pada Desember 2018. Hal itu mempertimbangkan uji operasi yang baru akan dilakukan serta kesiapan seluruh stasiun.

“Tiga bulan kalau saya tidak salah untuk uji operasi. Desember harusnya kita sudah selesai semua untuk full operasi,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro) usai menggelar rapat di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/8).

Sementara itu, pada 10 Agustus mendatang, LRT akan diuji operasi. Kegiatan tersebut bertepatan dengan gelaran Asian Games 2018 dan baru memfungsikan dua stasiun, yaitu Stasiun Velodrome dan Stasiun Boulevard Utara.

Kemudian, uji coba akan dihentikan setelah ajang olahraga terbesar se-Asia itu selesai, yakni pada 2 September 2018.

“Kalaupun kita jadi uji operasikan (untuk Asian Games) memang kesiapan stasiun baru dua. Setelah Asian Games tentunya kita harus selesaikan enam stasiunnya dulu, baru kita akan operasikan secara sempurna. Sekaligus juga menyelesaikan apa yang belum kita penuhi,” paparnya.

Hendra pun belum bisa memastikan saat uji operasi dilangsungkan nanti masyarakat umum sudah bisa dilibatkan.

“Apakah kita akan libatkan semua orang atau selective people itu saya masih belum dapat kepastian. Lebih baik ditanyakan ke PT LRT Jakarta. Dalam hal ini mereka yang punya kepentingan untuk mengurus semua izinnya,” tandasnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya sudah melakukan serangkaian proses uji coba lainnya. “Sekarang masih disiapkan, ada beberapa tes yaitu tes dinamis dan tes statis,” lanjut Hendra.

Serangkaian tes yang dilakukan tersebut guna memastikan keamanan saat kereta resmi dioperasikan. Tes ini juga kata dia akan dijadikan bekal untuk mendapat sertifikasi yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kita ingin memastikan bahwa kita bisa mengajukan kepada Kemenhub untuk mendapatkan rekomendasi teknis untuk safety-nya dari situ dulu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, LRT Jakarta dengan jalur sepanjang 5,8 kilometer itu rencananya akan melayani sebanyak enam stasiun yaitu Stasiun Velodrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Boulevard Utara, dan Stasiun Pegangsaaan Dua. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up