JawaPos Radar

4 ABK Hilang di Laut Pesisir Ditemukan Selamat, 3 Masih Dicari

07/08/2018, 22:32 WIB | Editor: Yusuf Asyari
4 ABK Hilang di Laut Pesisir Ditemukan Selamat, 3 Masih Dicari
Kondisi ABK yang kembali ditemukan selamat saat mendapat perawatan di Puskesmas Sikakap, Kepulauan Mentawai, Selasa (7/8) (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian 7 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Arung Samudera dengan lambung Mama Muda 04 yang mengalami kebocoran. Kapal dan hilang di laut Pesisir Selatan sejak Minggu (5/8) lalu.

Pencarian hari kedua akhirnya membuahkan hasil. Empat dari 7 ABK yang hilang ditemukan dalam keadaan selamat. Mereka adalah Dian, Alor, Niko, dan Dadok. Mereka ditemukan oleh kapal nelayan yang melaut di perairan Sikakap, Kepulauan Mentawai sekitar pukul 09.30, Selasa (7/8).

"Ya, mereka sekarang sudah diperiksa dan mendapatkan perawatan di Puskesmas terdekat," kata Kepala Basarnas Mentawai, Akmal membenarkan pada awak media, Selasa (7/8).

Dari empat ABK yang ditemukan, satu ABK atas nama Alor harus mendapatkan perawatan intensif. Pasalnya, korban mengalami dehidrasi selama terombang ambing di laut lepas. "Satu harus diinfus tim medis di Sikakap. Tapi, sore ini kondisinya sudah mulai membaik," ujarnya.

Sementara itu, tim SAR belum menemukan 3 ABK lainnya. Masing-masing bernama Okta, Siad, dan Aldo. Informasinya, 4 AKB itu masih terambang ambing di tengah laut menggunak fiber ikan. Hanya saja, posisinya belum kunjung ditemukan tim.

"Kalau nahkoda dan satu ABK selamat di hari pertama, sudah kami berangkatkan ke kampungnya, Bengkulu. Empat ABK selamat ini juga akan dipulangkan ke Bengkulu. Tapi, kapan dibawa belum tau," terangnya.

Sebelumnya, KM Arung Samudera merek Lambung Mama Muda 04 dilaporkan mengalami kebocoran di kawasan laut Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/8). KM Arung Samudera membawa 10 ABK.

Tiga diantaranya berhasil selamat masing-masing, Devi yang ditemukan oleh nelayan kapal pukat cincin Sibolga di perairan Sikakap. Kemudian nahkoda Aziz dan ABK Pi'i ditemukan kapal nelayan bagan Nadia Safitri dalam dalam kedaan selamat.

Kasi Ops Basarnas Padang, Eddy Herriyadi mengatakan, KM Arung Samudera ini berlayar dari perairan laut Bengkulu hendak menuju Kepulauan Mentawai sejak 2 Agustus 2018. Namun, sampai di kawasan perairan Air Haji, Pesisir Selatan, kapal mengalami kebocoran.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up