JawaPos Radar

Korupsi Dana Desa Rp 500 Juta, 2 Kades Jadi Tersangka

07/08/2018, 22:27 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Korupsi Dana Desa Rp 500 Juta, 2 Kades Jadi Tersangka
Ilustrasi, dua kades terjerat karus korupsi (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tipikor Polres Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapakan dua oknum kepala desa (Kades) sebagai tersangka terkait kasus korupsi. Mereka adalah Kades Pattiro Riolo Yesa dan pelakana tugas Kades Syamsuddin Rahman.

Keduanya ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016. Anggaran yang dikucurkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp 103.585.000 dan kedua sebesar Rp 437.266.000.

Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dana itu kemudian diduga digunakan tersangka bukan untuk peruntukan pembangunan desa setempat.

"Keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil temuan BPK, ditemukan kerugian negara sekitar Rp 540.851.000," kata Kapolres Bone AKBP Kadarislam Kasim disela-sela penetapan tersangka di Mapolres Bone, Selasa (7/8).

Selain dua tersangka Kades Pattiro Riolo, ada tiga Kades lagi yang sementara dalam penyidikan dan dua lainnya masih dalam tahap penyelidikan. "Kita dalami terus untuk pengungkapkan kasus ini," tegasnya.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, tim penyidik langsung melakukan penahanan terhadap keduanya. Akibat perbuatan melawan hukumnya, kedua Kades ini disangkakan melalukan pelanggaran pasal 2, 3 9 undang-undang Tipikor, dengan ancaman minal 5 tahun penjara.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up