JawaPos Radar

Organisasi di Medan Kolaborasi Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

07/08/2018, 20:20 WIB | Editor: Budi Warsito
Organisasi di Medan Kolaborasi Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok
Penggalangan dana yang dilakukan organisasi mahasiswa dan jurnalis di Kota Medan, Selasa (7/8). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Organisasi mahasiswa bersama jurnalis di Kota Medan turun ke jalan menggalang dana untuk korban gempa Lombok, Selasa (7/8). Tak hanya hari ini, rencananya penggalangan dana ini akan dilaksanakan dalam seminggu ke depan.

Penggalangan dana dilakukan oleh, Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI), Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cemdikiawan Muslim Indonesia (Masika ICMI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sekawasan Cabang Medan dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumut.

Penggalangan dana dilakukan di beberapa titik Kota Medan. Mulai dari kampus dan beberapa ruas jalan di Kota Medan.

Organisasi di Medan Kolaborasi Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok
Penggalangan dana yang dilakukan organisasi mahasiswa dan jurnalis di Kota Medan, Selasa (7/8). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Para mahasiswa dan jurnalis mendatangi satu per satu pengguna jalan baik pengendara sepeda motor dan mobil yang berhenti di persimpangan Jalan Balai Kota Medan. Penggalangan dana mendapat sambutan baik dari para pengendara.

Ketua PRIMA DMI Sumut, Irwansyah Putra Nasution mengatakan, penggalangan dana ini dilakukan atas kesepakatan bersama beberapa organisasi. Mereka merasa prihatin dengan kondisi korban gempa di Lombok yang sangat membutuhkan bantuan.

"Kita ingin sama-sama bersolidaritas untuk memberikan bantuan. Semoga bantuan yang nanti kami serahkan ke sana bisa bermanfaat," kata Irwansyah, Selasa (7/8) saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Ketua IWO Sumut, Mei Leandha juga menyampaikan rasa prihatinnya atas peristiwa menimpa Lombok. Mei mengungkapkan, IWO Sumut dan beberapa organisasi lainnya juga berencana akan membuat pentas seni untuk melakukan penggalangan dana.

"Sudah kita rencanakan. Kalau tidak ada halangan, akan kita laksanakan dalam waktu dekat. Donasi yang terkumpul langsung kita serahkan ke sana," tandas Mei.

Dalam seminggu kedepan, mereka akan terus mengumpulkan donasi. Tak hanya uang, mereka juga mengumpulkan barang lainnya seperti obat-obatan dan makanan.

Seperti diberitakan, gempabumi berkekuatan 7 SR mengguncang Lombok,NTB, Minggu (5/8) petang. Gempa mulai mengguncang pada pukul 18.46 WITA hingga 19.46 WITA.

Dampaknya, ratusan bangunan rusak. Tak hanya itu saja, gempa juma memakan korban jiwa dan luka-luka.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up