JawaPos Radar

ABK Kapal Bocor di Laut Flores Dievakuasi, 5 Memilih Bertahan

07/08/2018, 19:48 WIB | Editor: Yusuf Asyari
ABK Kapal Bocor di Laut Flores Dievakuasi, 5 Memilih Bertahan
Tim Basarnas Makassar mengevakuasi ABK KM Mudah di laut Flores, Nusa Tenggar Timur (NTT), Selasa (7/8) sore. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Anak Buah Kapal (ABK) KM Mudah Rejeki berhasil dievakuasi oleh Kapal Nasional (KN) Antasena milik Basarnas Makassar, di laut Flores, Nusa Tenggar Timur (NTT), Selasa (7/8) sore. Kapal penangkut ikan itu sebelumnya dikabarkan mengalami kebocoran pada bagian lambung, Senin (6/8).

Kapal tersebut memuat sembilan orang ABK, berlayar dengan rute Probolinggo, Jawa Timur menuju Merauke. Kapal itu kemudian dikandaskan di kawasan perairan yang berjarak dua mil dari bibir pantai.

Dari sembilan ABK yang ikut dalam pelayaran kapal pengangkut ikan, empat orang dievakuasi sementara lima orang lainnya memilih tetap tinggal di atas kapal sembari menunggu pertolongan lanjutan.

"Lima orang ABK memilih untuk tetap tinggal bersama kapalnya, menunggu jemputan dari kapal nelayan yang menyusul dari Probolinggo," kata Kepala Basarnas Makassar Mustari melalui keterangan resminya, Selasa (7/8).

ABK yang saat ini telah berada di KN Antasena 234 Makassar, yaitu Sugianto 22 tahun, Yoni 32 tahun, Hari 20 tahun, dan Kelana 22 tahun. Sementara yang memilih bertahan di kapalnya yaitu Syarif 60 tahun, Abuan 53 tahun, Yasudi 29 tahun, Eko Susilo 36 tahun dan Sulasno 38 tahun.

Belakangan diketahui, bahwa kesembilan ABK ini adalah warga Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Evakuasi kata Mustari dilakukan setelah tim menempuh perjalanan 22 jam 30 menit dari Makassar ke Laut Flores.

Beberapa jam sebelum tim tiba dilokasi, sebuah kapal bermuatan kontainer yang berasal dari Valetta tujuan Australia menuju Malaysia, MV Smiley Lady sempat mendapatkan informasi sinyal distress mengenai KM Mudah Rejeki yang mengalami kebocoran lambung.

Namun kapal asing tersebut tidak bisa mendekat untuk melakukan evakuasi di karenakan perairan yang dangkal dan banyak karang. Sehingga kapal tersebut terus melanjutkan perjalanan.

"Untuk saat ini kondisi keempat ABK masih dalam keadaan sehat, namun kami telah berkoordinasi dengan kesehatan Pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap mereka. Selanjutnya keempat ABK nanti akan kami serahkan kepada Syahbandar Makassar," jelas Mustari.

KN Antasena diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Paotere Makassar pada, Rabu (8/8) pukul 02.00 Wita dini hari nanti.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up