JawaPos Radar

Pengamanan Obor Asian Games, Polres Bandar Lampung Siapkan 3 Ring

08/08/2018, 05:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pengamanan Obor Asian Games, Polres Bandar Lampung Siapkan 3 Ring
Persiapan pawai obor Asian Games 2018 di Lampung. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menghitung jam, acara torch relay obor Asian Games 2018 di Bandar Lampung akan segera dimulai. Api obor telah direncanakan akan diinapkan semalam di jantungnya Bandar Lampung, Tugu Adipura pada Rabu (8/8).

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Murbani Budi Pitono akan menerjunkan ratusan personil untuk mengawal pengamanan api obor Asian Games 2018 tersebut. Bahkan dirinya, mengatakan telah berencana menyebar personilnya di titik-titik rawan.

"Akan ada pengamanan berlapis yang dilakukan oleh jajaran Polresta Bandar Lampung, yang dibantu oleh Kodim 0410 Bandar Lampung serta Polda Lampung. Kami mengerahkan 650 personil, 2 peleton tentara, serta Brimob dari Polda," terangnya di Polresta Bandar Lampung, Lampung, Selasa (7/8).

Murbani menjelaskan telah melakukan kerja sama dengan TNI dalam pengamanan 9 penggal jalan. Bahkan, untuk pengamanan lokasi dirinya memerintahkan para bawahannya untuk membentuk sistem dalam ring-ring.

"Ring 1 adalah pengamanan panggung dan semua inti kegiatan. Ring 2 penyekatan disekitar pengunjung mulai dari empat jalur jalan Ahmad Yani , Raden Intan, Sudirman, Diponegoro. Ring 3 penyekatan dan pengamanan lalu lintas," terangnya.

Dalam menghindari kerawanan, Murbani akan melakukan sterilisasi jalan-jalan bersama Mako Brimob. Lebih lanjut, dirinya pun telah menempatkan setiap personil di titik-titik rawan kejahatan atau kericuhan.

"Kami pastikan torch relay kirab Obor Asian Games 2018 dapat aman. Sekitar 600 personel akan melakukan penjagaan termasuk pam jalur, kontingensi dan pengamanan tertutup," jelasnya.

Murbani pun mengimbau kepada masyarakat untuk menghindai dari jalur-jalur pelaksanaan pawai obor ini. Pasalnya, pawai dilakukan dari pukul 07.00-13.00 WIB.

"Jadi kami harapkan kegiatan masyarakat bisa berangkat ke kantor lebih pagi agar terhindar dari kemacetan, karena jalur akan ditutup dan dialihkan," tandasnya.

Berdasarkan jadwal, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menerima obor di Jalan ZA Pagaralam, tepatnya dekat Mal Boemi Kedaton, Rabu pagi pekan depan pukul 09.00 WIB. Dilanjutkan, Menteri BUMN Rini Soemarno yang akan menerima obor di Jalan Cut Nyak Dien.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up