JawaPos Radar

Kemlu Bantu Evakuasi Ratusan WNA di Pulau Gili

07/08/2018, 18:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kemlu evakuasi WNA
Kementerian Luar Negeri membantu evakuasi Warga Negara Asing (WNA) di tiga Pulau Gili, Lombok yang terkena dampak gempa (Kemlu)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Luar Negeri membantu evakuasi Warga Negara Asing (WNA) di tiga Pulau Gili, Lombok yang terkena dampak gempa. Tim Penanganan WNA Kemlu bekerjasama dengan Basarnas dan penduduk lokal Gili pada Selasa, (7/8).

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 350 warga yang telah dievakuasi. 90 persen dari total tersebut adalah WNA.

Tim Penanganan WNA telah melakukan upaya evakuasi dari Bangsal sejak kemarin siang, (6/8). Jumlah WNA di ketiga Pulau Gili sekitar 2.000 orang dan lebih dari 1.800 orang WNA telah dievakuasi.

Kemlu evakuasi WNA
Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 350 warga yang telah dievakuasi. 90 persen dari total tersebut adalah WNA (Kemlu)

"Lebih dari 70 permohonan bantuan WNA telah diterima selama dua hari terakhir. Permohonan bantuan tersebut dari Kedubes Inggris, Prancis, Italia, Finlandia, Spanyol, Jepang, Ceko, Portugal, dan masih banyak lagi," kata siaran pers Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa, (7/8).

Kemlu juga juga menerima permohonan bantuan langsung dari relasi para WNA dari negara Jerman, Inggris, AS, Belgia, Spanyol, Portugal, Jepang, Perancis, Yunani, Belanda, Oman, Kuwait pada nomor Foreign Visitors Help Desk Kemlu +62 878-6412-4151.

Seperti diketahui gempa 7 SR mengguncang NTB, Minggu, (5/8), pukul 18.46 WIB. Gempa bumi tersebut terasa hingga ke Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga siang ini, total 105 orang meninggal dunia.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up