JawaPos Radar

Tiga Buaya Muara yang Akan Dikonsumsi Diserahkan ke BBKSDA Riau

07/08/2018, 17:48 WIB | Editor: Budi Warsito
Tiga Buaya Muara yang Akan Dikonsumsi Diserahkan ke BBKSDA Riau
Pihak PT Pertamina RU II Dumai menyerahkan tiga ekor buaya muara ke seksi konservasi wilayah IV Dumai, Riau, pada Senin (6/8). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Tiga ekor buaya muara berhasil ditangkap petugas keamanan PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai. Setelah ditangkap, ketiga buaya itu diserahkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Satwa dengan nama ilmiah Crocodylus porosus itu, diserahkan, pada Senin (6/8) lalu.

Kasubbag Humas BBKSDA Riau, Dian Indiarti mengatakan, satwa dilindungi itu ditemukan petugas keamanan (security) perusahaan tersebut pada awal Juli 2018 lalu. Saat itu, petugas tersebut sedang berpatroli di Jalan Lintas Dumai-Rohil.

"Security itu menjumpai masyarakat yang sedang melintas dengan sepeda motor. Diatas sepeda motornya ada keranjang rotan. Saat diperiksa ternyata isinya tiga ekor buaya," ujar Dian, pada Selasa (7/8).

Petugas keamanan itupun menanyakan kepada masyarakat alasan membawa buaya tersebut. Dari keterangan masyarakat itu, satwa dilindungi tersebut rencananya akan dikonsumsi dan dijual.

"Karena tau bahwa buaya tersebut dilindungi Undang-Undang, maka petugas keamanan mengambil tindakan dengan membawa buaya ke Dumai dan menyerahkan ke Seno Haryono selaku Manager HSSE di PT Pertamina RU II," jelasnya.

Saat diserahkan, kondisi ketiga buaya ini dalam keadaan kurang sehat. Seno kemudian merawat buaya itu hingga sembuh. Kemudian ketika kondisi sudah membaik, Seno berkoordinasi dengan seksi konservasi wilayah IV Dumai.

"Segera setelah itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II menyerahkan ketiga ekor buaya muara tersebut. Buaya langsung dievakuasi dari Dumai dibawa ke Pekanbaru," tuturnya.

Hampir lima jam menempuh jalur darat, buaya itu akhirnya sampai di Pekanbaru. Kemudian kondisi diperiksa oleh dokter hewan di BBKSDA Riau. Selanjutnya, ketiga buaya itu dititipkan di Lembaga Konservasi Kasang Kulim, Kubang untuk perawatan lebih lanjut.

"Kita memberikan apresiasi kepada masyarakat secara umum dan khususnya kepada PT Pertamina RU II Dumai yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya penyelamatan satwa di Riau," pungkasnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up