JawaPos Radar

Sebelum ke Zhanjiang, KRI Bima Suci-945 Mampir 3 Hari di Batam

07/08/2018, 17:18 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Sebelum ke Zhanjiang, KRI Bima Suci-945 Mampir 3 Hari di Batam
Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan ketika mengalungkan bunga kepada perwakilan kadet KRI Bima Suci. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci-945 beserta Satuan Latihan Kartika Jala Kridha (KJK) Taruna AAL tingkat III Angkatan 65, singgah di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, (Kepri) Selasa (7/8).

Mereka disambut dengan pengalungan bunga oleh Wadan Lantamal IV Tanjungpinang kepada Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji sekaligus sebagai Dansatgas KJK.

Pengalungan bunga juga dilakukan oleh Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan kepada perwakilan Taruna, dan Ketua Korcab IV DJA I kepada perwakilan Taruni AAL tingkat III Angkatan 65.

Kapal tersebut akan berlayar kurang lebih selama 100 hari. Rute pelayaran dimulai Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) dan Yokosuka (Jepang) - Jeju (Korsel) – Manila (Filipina) dan Bitung.

Danlanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan, dalam perjalanan ini mereka membawa sebanyak 100 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan 65 tahun 2018.

Yakni, Korps Pelaut 43 orang (Taruna 40, Taruni 3), Korps Teknik 14 orang, Korps Elektro 15 orang (Taruna 13, Taruni 2), Korps Suplai 9 orang (Taruna 6, Taruni 3) dan Korps Marinir 19 orang.

Pelayaran kapal yang panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter merupakan muhibah pertama kalinya setelah didatangkan sebagai kapal layar latih TNI Angkatan Laut dari Vigo Spanyol.

Pelaksanaan KJK di Rusia dan IFR di Korsel akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus sampai 9 November 2018, dengan lama pelayaran luar negeri 77 hari dan dalam negeri 23 hari dengan total pelayaran 100 hari serta menempuh jarak 11.187 NM.

KRI Bima Suci dan Satlat KJK Taruna AAL akan berada di Batam dari tanggal 7 sampai 10 Agustus 2018, dengan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah melaksanakan Courtesy Call ke Pejabat militer dan sipil di Batam, pertukaran cindera mata, promosi ke sekolah-sekolah favorit di Batam, sedangkan pada tanggal 9 Agustus 2018 akan dilaksanakan Kirab Kota dengan pelaksanaan di pusat Kota Batam.

Selain itu selama sandar di Batam, KRI Bima Suci yang memiliki tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas serta memiliki 3 tiang dengan 26 layar, juga akan mengadakan open ship bagi masyarakat umum dan pelajar di kota Batam.

"Warga bisa melihat dari dekat keberadaan KRI Bima Suci yang merupakan kapal latih bagi taruna AAL, yang merupakan pengganti dari KRI Dewaruci ini," kata Iwan usai melakukan penyambutan.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up