JawaPos Radar

Jembatan Abang Dibongkar Bulan Ini

07/08/2018, 17:07 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jembatan Abang Bibis
JEMBATAN ABANG: Sejumlah pengendara tengah melintas di Jembatan Abang, Bibis, Nusukan, Solo, Selasa (7/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Proyek pembangunan ulang Jembatan Abang atau Jembatan Bibis akan dimulai Agustus ini. Nantinya proyek pembangunan berjalan dua tahun. Proses perobohan dan finishing ditargetkan rampung tahun depan.

Saat ini, lelang tahap pertama dengan nilai Rp 9,6 miliar sudah dimulai. Proyek diharapkan bisa berjalan pada akhir Agustus mendatang. Pembangunan ulang Jembatan Abang memang harus dilakukan. Mengingat kondisi jembatan sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan.

"Kalau diperbaiki, tinggal menunggu waktu saja nanti juga rusak lagi. Jadi satu-satunya cara dengan membangun ulang jembatan yang sudah ada sejak puluhan tahun itu," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo Nur Basuki, Selasa (7/8).

Jembatan yang menjadi akses utama warga itu sudah ditutup untuk kendaraan roda empat dan lebih. Hal ini dilakukan karena kondisi jembatan sudah mengalami pergeseran sejak 2017 silam.

Nur memperkirakan, proses lelang pembangunan jembatan akan rampung bulan ini. Selanjutnya, pemenang lelang bisa melakukan pengerjaan tahap pertama. "Untuk tahap pertama adalah merobohkan jembatan dan membangun konstruksinya. Lalu untuk tahap kedua adalah pengerjaan pemasangan grider dan finishing," ungkapnya.

Selama pengerjaan berlangsung, otomatis warga yang biasa melintasi jembatan harus memutar lebih jauh. Yakni, melewati Jembatan Kandang Sapi, Mojosongo atau Jembatan Ngemplak.

"Ya kalau jembatan diperbaiki otomatis pengendara mencari jalan lain. Yang ada lewat Jembatan Ngemplak atau Kandangsapi," imbuh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up