JawaPos Radar

Kaki Kiri Didor, Kino Cs Gasak 17 Motor dalam 2 Bulan

07/08/2018, 17:05 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kaki Kiri Didor, Kino Cs Gasak 17 Motor dalam 2 Bulan
CURANMOR: Kapolsek Jebres Kompol Juliana bersama tiga tersangka Curanmor saat gelar kasus di Mapolsek Jebres, Selasa (7/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Maryono alias Kino, 39, terpaksa didor kaki kirinya saat dilakukan penangkapan oleh anggota Polsek Jebres, Senin (6/8). Residivis yang pernah mendekam di sel tahanan Wonogiri itu kembali melakukan aksi pencurian sepeda motor usai keluar dari penjara.

Selama dua bulan beraksi, Kino berhasil menggasak sepeda motor di 17 lokasi kejadian. Dalam beraksi, Kino bersama dengan dua rekannya yakni Ade, 22 dan Agung,24.

"Dia yang menjadi pemetik atau eksekutor, sedangkan temannya sebagai joki dan bertugas mengawasi situasi," terang Kapolsek Jebres Kompol Juliana kepada JawaPos.com, Selasa (7/8).

Selama beraksi, Juliana menambahkan, para pelaku mengincar kendaraan yang ada di indekos. Dan yang menjadi tempat favorit para pelaku adalah indekos yang ada di belakang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Untuk menggondol satu unit sepeda motor, Kino menggunakan kunci leter T yang dibuatnya sendiri. Dia butuh waktu lebih kurang lima menit untuk satu sepeda motor.

Selanjutnya, sepeda motor akan dijual langsung ke penadah yang sudah siap untuk membeli sepeda motornya. Untuk harga sepeda motor curiannya, Kino cs biasa menjual dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 2 juta.

"Para pelaku ini setiap dapat motor langsung dijualnya, kalau tidak laku kendaraan akan dipreteli dan dijual terpisah. Jadi mereka tidak menyimpan motor hasil curiannya itu dalam waktu lama," ungkapnya.

Para pelaku ini berhasil ditangkap setelah adanya laporan warga yang mengaku kehilangan sepeda motor saat di parkir di indekos. Dari hasil olah TKP diketahui pelaku pencurian adalah Kino cs.

Para tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. Sementara itu, Kino mengaku, keahliannya dalam mencuri sepeda motor didapatkannya dari seorang kenalannya. "Dan setelah keluar dari penjara langsung mencuri lagi, karena terdesak kebutuhan," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up