JawaPos Radar

Survei: Jokowi-Prabowo Kompak Elektabilitasnya Stagnan

07/08/2018, 16:43 WIB | Editor: Kuswandi
Jokowi
Presiden Joko Widodo (Ishak/ Rakyat Aceh/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres). Hasilnya Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto masih menguasai panggung politik nasional.

Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Rikola Fedri menyebut baik Jokowi maupun Prabowo elektabilitasnya kompak stagnan. Yaitu diangka sekitar 52 persen untuk petahana, dan 30 persen untuk penantangnya.

"Ketika head to head dengan Prabowo, elektabilitas Jokowi di sekitar 52 persen. Itu artinya, angka elektablitasnya berarti sama dengan perolehan di (Pilpres) 2014," ujar Riko di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/8).

Prabowo
Prabowo Subianto saat diwawanvarai awak media (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)

"Untuk Prabowo sendiri itu elektablitasnya dari survei tiga kali yang sudah dilakukan, itu angkanya paling tinggi di 30 persen, dan itu juga jadi catatan, karena tidak ada pergerakan signifikan," sambungnya.

Tetap bertenggernya Jokowi dipuncak klasemen Capres padahal elektabilitasnya stagnan karena belum ada figur penantang kuat, sosok yang mampu menawarkan solusi bagi permasalahan rakyat yang terjadi.

"Apa yang membuat responden memilih Jokowi tetap di peringkat pertama? dari calon penantang sendiri belum ada yang kuat, yang menawarkan sesuatu yang baru kepada masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki kelebihan karena dianggap dekat dengan masyarakat. Sementara itu keunggulan Prabowo yakni dianggap tegas oleh responden.

"Pak Jokowi dari survei kita lihat dia kuat karena dianggap dekat dengan rakyat dan terbukti hasil kerjanya. Kalau pak Prabowo sendiri itu yang paling menonjol dari dia itu karena dianggap oleh pemilih Prabowo tegas, dan reaponden menginginkan pemimpin baru," tandasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up