JawaPos Radar

Persatuan Guru Nyatakan Sikapnya di Pilpres 2019

07/08/2018, 16:15 WIB | Editor: Imam Solehudin
PGRI
Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi di depan peserta Rakornas PGRI di Gedung Guru (7/8). (M Hilmi Setiawan/JawaPos)
Share this

JawaPos.com - Tensi politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 semakin hangat. Di tengah hiruk-pikuk agenda politik lima tahunan itu, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) menegaskan netral dan tidak terlibat dukung-mendukung calon presiden manapun.

Seruan sikap netral itu disampaikan Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi di Gedung Guru Selasa (7/8). Pernyataan tersebut sebelumnya dibahas bersama dalam forum Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Rakornas ini dihadiri delegasi PGRI dari seluruh Indonesia. "PGRI beridiri di atas semua golongan. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara," kata Unifah.

Dia menjelaskan sesuai anggaran dasar, PGRI bersifat independen dan non partisipan. Tidak menjadi bagian atau berafiliasi kepada partai politik atau tokoh politik manapun.

Kepada seluruh anggota PGRI di penjuru Indonesia, diinstruksikan supaya menjunjung tinggi marwah organisasi. "Serta mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa," jelasnya.

Selanjutnya adalah menghargai perbedaan, menjaga kesejukan, tidak melakukan maupun menyebar ujaran kebencian, serta tidak membuat berita atau kabar bohong.

Kepada pemerintah, PGRI menyampaikan posisi sebagai mitra strategis. "Siapapun presidennya, PGRI adalah mitra strategis pemerintah," kata Unifah.

Pada kesempatan ini PGRI menyampaikan sejumlah apresiasi untuk pemerintah. Seperti bakal dihidupkan kembali mata pelajaran TIK menjadi Informatika. Kemudian keluarnya larangan Diklat berbayar bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Unifah juga menjelaskan hubungan PGRI dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Terkait adanya aksi masa KSPI pada 10 Agustus nanti, Unifah menegaskan PGRI tidak ambil bagian.

Dia mengatakan PGRI sudah pisah dengan KSPI. "Tidak boleh ada penggunaan logo, panji, dan atribut PGRI dalam kegiatan KSPI," pungkasnya.

(wan/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up