JawaPos Radar

Pasar Tablet Loyo, Apple Unggul Samsung Mengekor

07/08/2018, 16:12 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Pasar Tablet, Pasar Tablet Loyo, Pasar Tablet 2018
Ilustrasi: Orang menggunakan komputer tablet. (DigitalTrends)
Share this image

JawaPos.com - Munculnya smartphone phablet dengan ukuran memanjang hingga 6,99 inci menyebabkan penurunan penjualan tablet yang pelan tapi pasti. Bahkan angka penurunan terus berlanjut di Q2 2018.

Sebuah laporan penelitian oleh International Data Corporation (IDC) untuk Q2 2018 mengungkapkan bahwa pasar tablet global menurun hingga 13,5 persen. Namun demikian, Apple masih mempertahankan kepemimpinannya di segmen ini dengan pangsa pasar 34,9 persen dan dibuntuti Samsung dengan 15,1 persen.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman BusinessToday, Selasa (7/8), laporan itu memperkirakan lebih lanjut bahwa Apple mengirim total 11,5 juta tablet pada Q2 2018 mewakili pertumbuhan 0,9 dari tahun ke tahun. Sementara Samsung mengirim sebesar 5 juta unit. Pemimpin pasar Tiongkok Huawei masuk di posisi ketiga dengan 3,4 juta pengiriman tablet mewakili pangsa pasar 10,3 persen.

Samsung Tab S4, Pasar Tablet, Pasar Tablet 2018
Samsung Tab S4, Tablet terbaru bikinan Samsung. (VentureBeat)

Sangat menarik untuk dicatat bahwa Huawei telah bangkit kembali di semua lini karena memiliki pertumbuhan 7,7 persen yang mengesankan di skala year-on-year (YoY). Melengkapi 4 teratas adalah Lenovo dengan pengiriman 2 juta tablet dan 6 persen pangsa pasar.

Total pengiriman tablet secara global diperkirakan mencapai 33 juta unit di seluruh dunia. Angka tersebut bahkan dari 38,3 juta pengiriman yang dilaporkan IDC tahun lalu. Dari total pengiriman ini, produk slate dan detachable tablet menyumbang mayoritas pasar dengan 28,4 juta unit. Jumlah tersebut 14,5 persen lebih rendah dari angka tahun sebelumnya.

Jitesh Ubrani, analis riset senior IDC menyatakan bahwa walaupun pelanggan menunjukkan ketertarikan pada tablet, mereka yang memikirkan keterbatasan bujet tidak memiliki banyak pilihan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian dari mereka lebih memilih PC tradisional ketimbang tablet.

“Namun, dengan peluncuran Surface Go, perangkat berbasis Chrome, dan semoga iPad Pro yang lebih terjangkau di masa depan, kategori yang dapat dilepas masih memiliki masa depan, asalkan kinerja dan perangkat lunak sejalan dengan harapan pengguna,” katanya dalam sebuah laporan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up