JawaPos Radar

Ditata Selama Asian Games

Begini Nasib Kedai Kopi dan Gultik di Area GOR Bulungan

07/08/2018, 16:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Begini Nasib Kedai Kopi dan Gultik di Area GOR Bulungan
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya mengebut revitalisasi GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Pasalnya, lapangan itu akan digunakan sebagai venue cabang olahraga bola voli pada Asian Games 2018 yang digelar 11 hari lagi. 

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, pihaknya akan menggeser sebuah kedai kopi yang berada di depan area GOR. Saat ini relokasi masih berjalan dan pihak pengelola usaha masih merapikan lapaknya.

"Di depan itu sendiri ada kafe. Sudah kita selesaikan. Karena enggak ada waktu, kita kasih alokasi dorong sedikit di depan Masjid. Kita kasih alokasi ke situ mereka sedang berbenah,” ujar Marullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/8).

Selain kafe bernama Join Kopi tersebut, Pemprov DKI juga harus menata pedagang kaki lima (PKL) di sekitar GOR Bulungan. Bahkan, para pedagang gulai tikungan (gultik) pun turut menjadi sasaran.

Menurutnya, petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP) DKI Jakarta akan dikerahkan untuk menjaga agar deretan PKL dan pengunjungnya tidak mengganggu akses pejalan kaki atau trotoar.

"Gultik sesuai dengan kesepakatan kan ada sedikit pedesterian (trotoar). Ada 2,5-3 meter. Itu ada garis kuning (guiding block). (Pedagang) jangan keluar dari garis kuning. Kita tongkrongin petugas di situ," jelas dia.

Terkait keluhan kemacetan yang kerap menjadi perhatian masyarakat, dia berjanji dapat mengatasinya. Para petugas nantinya juga menjaga kawasan dari parkir liar yang berpotensi membuat arus lalu lintas tersendat.

“Kita stand by petugas di situ. Kalau soal macet sih enggak bisa kita selesaikan langsung. Kita usir kalau ada petugas,” tuturnya.

Senada, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku telah memantau persiapan GOR Bulungan dengan berlari pagi di sekitar kawasannya. Dalam seminggu ke depan pengerjaan terus dikebut, sehingga revitalisasi akan rampung saat opening Asian Games pada 18 Agustus.

“Pengaturannya, dan penataannya juga kita kebut. Per hari ini yang tugas tambahan sudah 60 persen selesai. Seminggu ini akan kita kebut lagi semoga saat pembukaan sudah selesai,” kata Sandi di Klender, Jakarta Timur, Selasa (7/8).

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up