JawaPos Radar

5 Jalur Kereta Api Terpadat di Tokyo

08/08/2018, 04:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
5 jalur kereta api terpadat di tokyo
Transportasi umum di beberapa negara masih diutamakan untuk mengurangi kemacetan ibu kota. Tak hanya Indonesia, kereta api masih jadi andalan transportasi khususnya di Jepang (Japan Today)
Share this

JawaPos.com - Transportasi umum di beberapa negara masih diutamakan untuk mengurangi kemacetan ibu kota. Tak hanya Indonesia, kereta api masih jadi andalan transportasi khususnya di Jepang.

Baru-baru ini untuk mengetahui seberapa padat pengguna kereta api, Kementerian Tanah, Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata Jepang melakukan penghitungan cepat. Caranya adalah dengan menghitung semua kursi yang tersedia dan jumlah tali pegangan yang biasa dijadikan tumpuan para penumpang yang berdiri.

Dari perhitungan tersebut mereka menyebutkan bahwa kapasitas standar kereta api adalah 100 persen. Kementerian baru saja merilis hasil terbaru studi tahunannya, hanya 11 jalur kereta termasuk kereta bawah tanah yang mayoritas berada di Tokyo.

5 jalur kereta api terpadat di tokyo
Transportasi umum di beberapa negara masih diutamakan untuk mengurangi kemacetan ibu kota. Tak hanya Indonesia, kereta api masih jadi andalan transportasi khususnya di Jepang (Asia One)

Terdapat lebih dari 180 persen kapasitas pada jam-jam sibuk yang otomatis melebihi batas aman yang hanya 100 persen. Hal tersebut masih buruk bagi optimalitas pengoperasian kereta setiap harinya.

Melansir Japan Today, inilah 5 jalur kereta terpadat di Tokyo:

1. Jalur menuju Tokkaido yang menghubungkan kantor pusat Tokyo dan lingkungan perumahan menampung kapasitas sebesar 187 persen. Jalur ini berjalan melalui salaryman meccas dari Tokyo, Shimbashi, dan Shinagawa Stations dan keluar ke kota-kota Kawasaki dan Yokohama yang merupakan kota terbesar kedua di Jepang, kemudian Kanagawa Barat dan Prefektur Shizuoka Timur.

2. Jalur menuju Nambu yang menghubungkan Stasiun Kawasaki dan Tachikawa. Serta menghubungkan Stasiun Musashi Kosugi Kawasaki yang beroperasi di kedua sisi barat dan timur pusat Tokyo dan menampung 189 persen.

3. Jalur menuju Yokosuka menempati urutan ketiga jalur paling padat karena merupakan perberhentian terakhir menuju Tokyo, Simbashi dan Shinagawa. Selain itu, banyak destinasi wisata seperti kota pelabuhan Kurihama, jalur Yokosuka menampung kapasitas sebesar 196 persen.

4. Jalur menuju Chou Sobu menampung kapasitas hingga 197 persen karena dari sana terhubung akses Tokyo ke wilayah selatan. Jalur Chuo Sobu yang luas, menghubungkan pusat kota ke timur dan barat. Jika ingin mengunjungi Museum Gibli dan Stasiun Chiba bisa melalui jalur kereta ini.

5. Jalur Tokyo Metro Tozai merupakan jalur kereta api yang paling padat, menampung kapasitas hingga 199 persen. Tokyo yang merupakan napas titik tengah Jepang menjadikannya area paling sibuk, Tozai Line yang merupakan titik akhir timur dan barat juga ada di sana.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up