JawaPos Radar

Siswa se-Surabaya Bantu Bangun Sekolah untuk Korban Gempa Lombok

07/08/2018, 15:21 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Siswa se-Surabaya Bantu Bangun Sekolah untuk Korban Gempa Lombok
Posko bantuan bencana alam di Lombok masih dibuka di Taman Surya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah kota Surabaya masih membuka posko bantuan gempa Lombok di taman Surya, Selasa (7/8). Bantuan berupa uang tunai akan dialokasikan untuk membangun 1 sekolah di Lombok.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak merinci akan membangun sekolah SD atau SMP. Yang jelas, hanya satu bangunan sekolah yang akan dibantu. Katanya, menurut perhiungan pemerintah daerah Lombok, sekolah itu membutuhkan dana sebesar Rp 880 juta.

"Bantuan itu saya atas namakan seluruh siswa di Surabaya. Meski dana bantuannya tidak seluruhnya dari sekolah SD dan SMP se-Surabaya," kata Risma di balai kota Surabaya, Senin (7/8).

Risma belum dapat mengkonfirmasi berapa jumlah dana yang sudah terkumpul hingga hari ini. Tapi, setidaknya dapat mengajarkan semangat berbagi di kalangan siswa.

"Ya, mau sumbang setengah juta atau berapapun nggak masalah. Yang penting, anak-anak sekolah mau berbagi," kata Risma.

Tak hanya bantuan berupa uang. Risma juga berencana memberi bantuan dengan menerjunkan sejumlah tim. Namun, Risma tidak menjelaskan secara rinci tentang tim tersebut.

Dia beralasan masih mengkonsentrasikan seluruh bantuan yang berupa uang. "Karena memang sudah banyak pihak yang memberikan bantuan. Presiden RI Joko Widodo katanya akan membantu membangun rumah warga yang rusak," katanya.

Seperti diberitakan, Pemerintah kota Surabaya bukan satu-satunya yang menyalurkan bantuan bagi korban gempa. Pemerintah daerah Jawa Tengah juga mengirim bantuan ke Lombok kemarin (6/8).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui badan penanggulangan bwncana daerah mengirim bantuan berupa makanan dan sembako. Ada juga bantuan berupa pakaian seragam sekolah, plus 25 orang relawan.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up