JawaPos Radar

UNS Kirim SAR dan Tim Medis Ke Lombok

07/08/2018, 15:07 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gempa Lombok
Kondisi pascagempa yang mengguncang Lombok, NTB, beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengirimkan tim SAR dan medis ke lokasi gempa di Lombok. Untuk Tim SAR sebanyak sembilan relawan sudah dikirim sejak Senin (6/8) sore. Sedangkan tim medis baru diberangkatkan ke Lombok Selasa (7/8) sore.

Koordinator Tim Prof. Hartono mengungkapkan, tim SAR yang sudah dikirim ke Lombok terdiri dari anggota SAR UNS dan Mapala Vagus. Sedangkan untuk tim medis yang akan diberangkatkan terdiri dari belasan dokter dengan berbagai spesialisasi. "Ada dokter anestesi, kesehatan anak, kadiovaskuler, bedah penyakit dalam dan juga psikiatri," terang Dekan Fakultas Kedokteran UNS itu.

Selain itu, ada juga dokter bedah tulang lengkap yang siap untuk menangani korban gempa di Lombok. Jumlah dokter yang akan dikirim mencapai 20 orang. Sembilan di antaranya dokter bedah tulang, dan sisanya dokter dengan berbagai spesialisasi. "Dokter yang dikirim ini merupakan gabungan dokter dari RSUD dr Moewardi Solo, RSOP dan Fakultas Kedokteran UNS," ucapnya.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi menambahkan, seluru civitas akademika UNS turut berduka atas musibah gempa bumi yang terjadi di Lombok. Ravik berharap kepada berbagai pihak untuk bisa membantu evakuasi serta mempercepat penanganan korban.

Selama ini, hubungan antara UNS dengan masyarakat dan pemerintah di Lombok cukup erat. "Hal ini terlihat dari banyaknya alumni UNS yang berada di sana. Selama beberapa tahun terakhir ini, Lombok menjadi salah satu tujuan untuk KKN," imbuh Ravik.

(apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Mewujudkan Mitigasi lewat Tata Ruang 07/08/2018, 15:07 WIB
Gempa, Konstruksi, dan Edukasi 07/08/2018, 15:07 WIB
Unhas Kirim Tim Medis ke Lombok 07/08/2018, 15:07 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up