JawaPos Radar

Rugi Ratusan Miliar, Agen Laporkan Bos Abu Tours Ke Polres Depok

07/08/2018, 14:59 WIB | Editor: Imam Solehudin
Abu Tours
Sejumlah agen atau mitra Abu Tours usai memenuhi panggilan Satreskrim Polresta Depok, kemarin. (Ricky/Radar Depok/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Sejumlah agen atau mitra agen perjalanan umrah Abu Tours mendatangi Mapolresta Depok, kemarin siang. Kedatangan mereka sebagai tindak lanjut atas pelaporan penipuan dan atau tindak pidana pencucian uang, dengan terlapor Hamzah Mamba selaku bos Abu Tours, di Polda Metro Jaya.

Hamzah Mamba sendiri sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sulsel, lantaran tidak bisa memenuhi kewajibannya memberangkatkan sekitar 86 ribu jamaah. Ia kini sudah ditahan.

“Mengingat kantor Abu Tours ada juga di Cinere, maka kami diarahkan (oleh Polda Metro Jaya) ke Polresta Depok. Hari ini kami memenuhi panggilan,” ungkap Ketua Agen Abu Tours Jakarta, Tri Nastiti Handayani seperti dilansir Radar Depok Online (Jawa Pos Grup), Selasa (7/8).

Dia mengatakan bila berdasarkan penyidikan sementara, seluruh berkas diketahui bakal diserahkan semua ke Polda Sulsel. Dirinya selaku mitra, merasa dirugikan sangat besar yakni Rp132 miliar, dari total sekitar 215 agen plus 49 jamaah baru yang melapor.

“Seluruh berkas (termasuk di Polresta Depok) akan dilimpahkan ke Makasar (Polda Sulses),” tambahnya.

Lebih lanjut, sambung perempuan yang biasa disapa Titi ini, ada pemanggilan oleh Polresta Depok menunjukan bila laporannya mendapat tanggapan positif dari polisi.

Jamaah sendiri punya dua tuntutan utama, diberangkatkan umrah atau uang kembalikan penuh. “Rata-rata tiap jamaah sudah ada yang menyetor Rp17 juta sampai Rp20 juta. Semua sudah lunas dan telah disetorkan ke Abu Tours,” tegasnya.

Salah seorang agen lainnya, Nina Hadi menuturkan, imbas kasus yang menerpa Abu Tours begitu terasa oleh para agen. Tentu saja mereka yang dikejar oleh para jamaah, padahal dirinya sendiri merupakan korban penipuan Abu Tours.

“Makanya kami yakinkan kepada para jamaah, sampai saat ini kami tetap berusaha. Mohon pengertiannya,” tuturnya.

Nina menjelaskan, belum lama ini rekannya sesame agen menemui Hamzah Mamba dibalik sel. Harapannya bisa menemui penyelesaian yang menguntungkan.

Namun apa daya, justru pil pahit yang diterima. Bos Abu Tours ini justru cenderung memasrahkan diri untuk dipenjara.

“Kami juga minta tolong ke pemerintah agar mendapat jalan terbaik dari masalah ini. Rekan kami ada yang sampai mengontrak rumah akibat kasus ini. Sangat prihatin. Tentu harapan kami, seluruh asset bisa dikembalikan, tidak disita oleh negara,” pungkasnya.

(mam/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up