JawaPos Radar

Batik Surabaya Akan Diekspor ke Liverpool

07/08/2018, 14:44 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Risma
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meyambut perajin batik se-Surabaya di Balai Kota, Selasa (7/8). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengumpulkan belasan perajin batik se-Surabaya di Kantor Balai Kota, Selasa (7/8). Mereka akan dilatih membuat desain batik pesanan Pemkot Liverpool.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sendiri yang akan melatih para perajin. Misalnya tentang desain kemeja dengan teknik batik celup, soal komposisi warna, dan teknik lainnya.

"Saya sendiri yang akan menilai hasilnya. Karena biasanya, saya juga yang mengoreksi. Kemudian hasil jadi akan dikirim ke Liverpool," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Selasa (7/8).

Risma menjelaskan, hasil kerajinan akan dijajakan di gerai yang diresmikan Wakil Wali Kota Liverpool Gary Miller pada Mei lalu. Tak hanya dijual, batik juga akan dipamerkan di gerai tersebut.

"Gerai itu memang sering digelar fashion show. Karena ada kafe di dalam gerainya. Nah waktu saya ke sana, ternyata ada produk batik dari Surabaya," ungkap Risma.

Menurutnya, ada perubahan tren pakaian di Liverpool sepanjang 2018. Kini, batik bercorak bunga dan kaus celup (dye tie) sedang menjadi tren.

Ditanya berapa batik yang akan diekspor ke Liverpool, Risma belum dapat mengkonfirmasi. Dia masih berkonsentrasi dari aspek desainnya dahulu. "Barangnya akan langsung diterima Pak Gary. Dia juga yang nanti menentukan harganya," jelas Risma.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up