JawaPos Radar

Kapolri Sebut Pengkhianat Bangsa Jika Tak Dukung Asian Games 2018

07/08/2018, 15:15 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kapolri Sebut Pengkhianat Bangsa Jika Tak Dukung Asian Games 2018
Kapolri Jendral Tito Karnavian. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pengamanan jelang Asian Games 2018 semakin diperketat. Kapolri Jenderal Tito Karnavian lantas meminta masyarakat untuk menciptakan keamanan dan mendukung ajang olah raga terbesar kedua setelah olimpiade itu.

Sebab kata dia, citra dan nama baik bangsa dipertaruhkan. Sehingga setiap orang menurutnya memiliki kewajiban untuk berkontribusi menyukseskan Asian Games nanti.

"Paling tidak, tidak mengganggu, mengamankan lah. Kalau tidak mendukung artinya berkhianat terhadap bangsa," tegas Tito di Auditorium PTIK, Jakarta, Selasa (7/8).

Sejauh ini, pihaknya telah menggelar operasi cipta kondisi sejak dua bulan lalu. Ribuan penjahat jalanan khususnya di kota-kota yang terdapat venue Asian Games dan sekitarnya, ditangkap.

Contohnya saja di Polda Metro Jaya. Tito menuturkan, lebih dari 1000 pelaku begal hingga jambret diamankan. "Kemudian di Sumsel, Lampung, tetangganya Sumsel, sudah menangkap ratusan dan di Jabar menangkap lebih dari seribu pelaku street crime," beber mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Selain itu, antisipasi kebakaran hutan dan lahan turut dilakukan. Beberapa waktu lalu, Tito mengaku sudah melihat langsung lokasi yang rawan akan kebakaran tersebut.

"Langkah preventif sudah bagus. Kita sangat optimis kebakaran hutan dan lahan akan minimal dan asap bisa kita atasi kalau ada," pungkasnya.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up