JawaPos Radar

Terpisah Beberapa Dekade Keluarga Korea akan Bertemu

07/08/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
keluarga korea akan bertemu
Saat keluarga di Korea yang terpisah selama beberapa dekade akibat Perang Korea bertemu (CNN)
Share this image

JawaPos.com - Setelah 65 tahun berlalu, Perang Korea hingga kini masih menyisakan memori. Korban tewas dan hilang kala itu berjumlah jutaan orang, banyak yang terpisah dari keluarganya akibat perang selama tiga tahun tersebut yang akhirnya membagi Korea menjadi dua bagian Selatan dan Utara.

Buah penantian panjang akhirnya menunjukkan kedua Korea telah menyelesaikan daftar keluarga yang terpisah selama puluhan tahun. Seoul menyatakan, keluarga yang terpisah akibat Perang Korea akan segera bersatu kembali. Pertemuan bersejarah Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un April lalu berbuah kesepakatan untuk menyatukan kembali para keluarga yang terpisah.

Reuni keluarga yang terpisah akan diadakan pada 20-26 Agustus mendatang. Menurut kementerian, reuni tersebut akan menjadi reuni pertama selama tiga tahun. Jutaan orang dipisahkan dari anggota keluarga selama konflik yang menyegel pembagian dua Korea yang secara teknis tetap berperang.

keluarga korea akan bertemu
Saat keluarga di Korea yang terpisah selama beberapa dekade akibat Perang Korea bertemu (Youtube)

Kementerian Unifikasi Seoul mengatakan, nanti sebanyak 93 orang dari Korsel akan melakukan perjalanan ke resor Gunung Kumgang di Korut untuk bertemu keluarga mereka. Sementara 88 warga Korut lainnya akan bertemu dengan kerabat mereka dalam reuni terpisah, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin, (6/8).

Sebelumnya sebagian besar dari mereka meninggal dunia tanpa pernah tahu bagaimana kondisi kerabat mereka karena komunikasi dilarang di sana. Hanya ada sekitar 57 ribu orang yang masih hidup dan terdaftar di Palang Merah Korsel untuk bertemu dengan keluarga mereka yang terpisah.

Pejabat dari kedua negara bulan lalu menukarkan daftar awal dari mereka yang berharap untuk melihat anggota keluarga mereka, sebelum melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah keluarga di seberang perbatasan masih hidup. Mereka yang beruntung akhirnya dapat bertemu dengan keluarga mereka setelah terpisah selama beberapa dekade.

Seperti diketahui, Korsel dan Korut telah berada dalam tahap hubungan yang semakin baik. Diawali juga dengan keputusan Kim untuk mengirim adiknya Kim Yo Jung atlet dan cheerleaders dan sebagai utusan ke Olimpiade Musim Dingin di Pyongchang Februari lalu.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up