JawaPos Radar

Asian Games, Kanada Bantu 10 Bus Hidrogen

07/08/2018, 12:42 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jakabaring Sport City
Kawasan JSC yang masih ditutup untuk umum. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perhelatan Asian Games 2018 semakin dekat. Bantuan pun mulai berdatangan ke Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Antara lain kendaraan berbahan bakar nonfosil seperti golf car, sepeda dan bus hidrogen.

Direktur Utama (Dirut) PT JSC Palembang Bambang Suprianto, mengatakan bantuan kendaraan ini berasal dari PT Bukit Asam (PTBA). Yakni, berupa golf car yang telah datang sebanyak 5 unit dan akan kembali ditambah.

Kemudian bantuan dari PT Telkom berupa sepeda. Selanjutnya bantuan kendaraan dari Kanada berupa 6 unit minivan, dan 10 bus hidrogen. "Untuk jumlah bantuan sepeda, saya kurang ingat. Tapi semakin banyak, semakin bagus," kata Bambang, Selasa (7/8)

Dari awal, JSC memang sengaja mengusung konsep green area smart city. Karena memang JSC merupakan kawasan olahraga. Sehingga harus benar-benar sehat dan memiliki udara yang bersih.

Kendaraan yang beroperasi pun harus berbahan bakar non fosil seperti hidrogen. "Karena itu, bantuan yang diberikan sesuai dengan konsep tersebut," ujar Bambang.

Meski mendapatkan bantuan, PT JSC juga menyiapkan kendaraan sendiri. Berupa 60 unit golf car dan 100 unit sepeda. Nantinya, kendaraan tersebut digunakan untuk atlet.

Namun tidak menutup kemungkinan pengunjung juga dapat menggunakannya. "Mungkin nanti bus hidrogen inilah yang mengangkut semua penonton karena nantinya ada shelter bus di JSC," terang Bambang.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menyebutkan, kendaraan yang akan beroperasi di kawasan JSC hanya 50 unit golf car dan 10 unit bus hidrogen yang merupakan bantuan. Karena itu, Alex mengimbau warga untuk berjalan kaki saat memasuki kawasan JSC saat perhelatan Asian Games.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up