JawaPos Radar

Sofyan Basyir Kembali Diperiksa KPK

07/08/2018, 11:06 WIB | Editor: Imam Solehudin
Sofyan Basyir
Direktur Utama PLN, Sofyan Basyir kembali menyambangi KPK, hari ini, Selasa (7/8). Sofyan dikabarkan diperiksa sebagai saksi Eni Maulani Saragih. Eni adalah tersangka kasus suap PLTU Riau (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (7/8). Mengenakan kemeja berwarna putih, Sofyan tiba sekitar pukul 10.00 dengan ditemani sejumlah pengawal.

Tak ada keterangan apapun yang disampaikan Sofyan kepada awak media. Dia langsung bergegas menuju Gedung KPK. Pihak KPK belum memberikan informasi terkait kedatangan Sofyan.

Informasi yang dihimpun JawaPos.com, Sofyan diduga diperiksa terkait kasus yang melilit Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih.

Sekadar informasi, Selasa (31/7) lalu Sofyan tidak bisa memenuhi panggilan lembaga antirasuah karena sedang ada tugas. Dia sebelumnya sudah pernah diperiksa pada Jumat (20/7).

Saat itu Sofyan mengaku ditanyai penyidik perihal tugas, fungsi dan kewajibannya sebagai seorang Dirut.

Sebelumnya, KPK menangkap Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih di rumah Menteri Sosial Idrus Marham. Saat itu, Eni tengah menghadiri acara ulang tahun anak dari Idrus Marham.

Setelah gelar perkara selama 1x24 jam, KPK menetapkan Eni sebagai tersangka penerimaan suap terkait proyek PLTU-1 Riau. Suap itu diberikan oleh pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budistrisno Kotjo, yang kemudian juga ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

Dari operasi senyap ini, penyidik KPK juga mengamankan uang sebesar Rp500 juta yang diduga merupakan penerimaan keempat dan merupakan komitmen fee untuk Eni.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up