JawaPos Radar

Selamat dari Gempa Lombok, Mahasiswa UNS Trauma Berat

07/08/2018, 10:51 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gempa Lombok
Ilustrasi gempa bumi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - 60 Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lombok, dipastikan selamat dari gempa. Akan tetapi mereka mengalami trauma berat. Saat ini para mahasiswa sudah dalam perjalanan kembali ke Solo.

Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS di Lombok Satutik R menjelaskan, seluruh mahasiswa yang menjalani KKN semuanya selamat dan tidak mengalami luka. Meski saat kejadian, beberapa posko yang ditempati para mahasiswa mengalami kerusakan parah.

"Alhamdulillah, semuanya selamat dan tidak ada korban. Saya terus berkomunikasi dengan para mahasiswa untuk memastikan kondisinya," terang Satutik kepada JawaPos.com, Selasa (7/8).

Meski begitu, para mahasiswa mengalami trauma cukup parah. Pasalnya, mereka selama lebih kurang satu minggu gempa terus terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kondisi inilah yang kemudian membuat mahasiswa mengalami ketakutan dan trauma.

"Para mahasiswa ini mengalami trauma berat. Karena selama seminggu full di sini terus diguncang gempa. Mulai dari yang kekuatan 6,8 sampai 7 SR. Jadi kasihan, karena di sini lapangan juga digunakan untuk mengungsi," urainya.

Demi keamanan para mahasiswa, IKA berinisiatif untuk memulangkannya ke Solo. Proses pemulangan menggunakan pesawat Hercules milik AURI dari Lanud Rembiga di Lombok. "Tadi subuh saya kontak dengan mahasiswa, katanya sudah sampai di Madiun," tandasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up