JawaPos Radar

Indonesia Kembalikan Kapal Pesiar Terkait Skandal 1MDB Malaysia

07/08/2018, 12:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
indonesia kembalikan kapal pesiar malaysia
Kapal pesiar seharga USD 250 juta itu disebut memiliki interior dalam berupa marmer, tempat spa dan sauna, kolam renang 20 meter di dek, bioskop, lift, dan helipad (New Strait Times)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia setuju menyerahkan kepada Malaysia kapal pesiar mewah senilai USD 250 juta terkait dengan skandal korupsi mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, 1MDB yang disita di Bali awal tahun ini. Dilansir The New Strait Times pada Senin, (6/8), putusan pengadilan Indonesia pada bulan April menyatakan, kapal pesiar itu disita secara tidak sah dan harus dilepas kepada pemiliknya.

Polisi Indonesia menangkap kapal itu pada bulan Juli menyusul permintaan resmi untuk bantuan hukum dari Amerika Serikat. Polisi Indonesia mengatakan, mereka akan menyerahkan kapal pesiar ke Malaysia tetapi tidak menyebutkan kapan.

"Kapal pesiar itu akan diserahkan ke perbatasan antara perairan Indonesia dan Malaysia," kata Deputi Ekonomi dan Kejahatanan khusus, Daniel Silitonga.

indonesia kembalikan kapal pesiar malaysia
Kapal pesiar bagian dari korupsi 1MDB (The Star Online)

"Kami harus menjaga hubungan baik antara kedua negara. Kapal pesiar saat ini berada di perairan dekat perbatasan Singapura dan pulau Indonesia Batam," ujar Silitonga.

Sebuah sumber mengatakan, keputusan untuk menyerahkan kapal pesiar ke Malaysia dicapai menyusul permintaan pribadi yang dibuat oleh Perdana Menteri Malaysia yang baru, Mahathir Mohamad. Mahathir, 93 tahun, mengunjungi Indonesia pada bulan Juni, kunjungan resmi pertamanya di wilayah itu setelah kembali berkuasa dalam pemilihan mengejutkan menang atas Najib Razak.

Kapal pesiar seharga USD 250 juta itu disebut memiliki interior dalam berupa marmer, tempat spa dan sauna, kolam renang 20 meter di dek, bioskop, lift, dan helipad.

Pihak berwenang Malaysia berusaha untuk menangkap salah satu pemodal Malaysia yang terlibat skandal 1MDB, Low Taek Jho. Ia keberadaannya hingga saat ini tidak diketahui. Paspornya di Malaysia dicabut dan surat perintah penangkapan telah dikeluarkan terhadapnya.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up