JawaPos Radar

Hadirnya LRT Belum Mampu Pecah Kemacetan di Palembang

06/08/2018, 20:03 WIB | Editor: Budi Warsito
Hadirnya LRT Belum Mampu Pecah Kemacetan di Palembang
Masyarakat berbondong-bondong menggunakan LRT yang baru dioperasikan di Palembang (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kehadiran Light Rail Transit (LRT) di Palembang ternyata belum mampu memecahkan kondisi kemacetan di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Hal itu Pengamat Transportasi Palembang, Ari Siswanto.

Menurutnya, Palembang memang pantas memiliki LRT. Selain sebagai provinsi yang maju, Palembang juga menjadi tempat diselenggarakannya Asian Games 2018.

Ari Siswanto mengungkapkan, penyebab LRT belum mampu memecahkan kemacetan karena, minimnya stasiun akses LRT dan belum selesainya dua jembatan yakni Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI.

"Tapi setidaknya, para atlet yang datang tidak terlambat sampai dengan arena bertanding. Dan kita sebagai tuan rumah harus mendahulukan para tamu," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (6/8).

Kedepan lanjutnya, yang harus menjadi perhatian yakni, harus ada penambahan akses LRT. Jangan hanya dari Bandara SMB II menuju Jakabaring, tetapi juga ada rute lain. Sehingga manfaat LRT sangat optimal dan membentuk sebuah jaringan.

"Ini harus menjadi perhatian khusus dan melakukan penambahan akses LRT," ujarnya.

Ketua Prodi Tekni Architektur Universitas Sriwijaya (Unsri) ini menilai, Kota Palembang sudah memiliki wajah yang modern di mata internasional. Hal ini dilihat, berdasarkan fasilitas yang sangat memadai.

"Palembang sudah sangat pantas sebagai tuan rumah Asian Gales," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up