JawaPos Radar

Darmin Prediksi Ekonomi RI di 2018 Tumbuh 5,3 Persen

06/08/2018, 17:26 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Darmin Prediksi Ekonomi RI di 2018 Tumbuh 5,3 Persen
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Miftahul Hayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang kuartal II-2018 tercatat sebesar 5,27 persen. Tumbuh lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2018 yang hanya 5,06 persen.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, kenaikan pertumbuhan itu dipicu karena sektor pertanian yang juga tumbuh tinggi. Terjadi panen raya beberapa komoditas tanaman perkebunan seperti kopi dan tebu.

"Saya bilang sebenarnya menurut saya salah satu hal selain konsusi rumah tangga itu, salah satu hal yang menyebabkan pertumbuhan agak tinggi karena sektor pertaniannya," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/8).

Dia optimis, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus mencatatkan kenaikan. Apalagi, dalam kuartal selanjutnya masih ada event seperti IMF World Bank di Bali, Asian Games di Jakarta dan Palembang serta Natal dan tahun baru yang diperkirakan akan mendorong tingkat konsumsi yang tinggi.

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen. Darmin pun optimis capaian hingga akhir tahun bisa mendekati target tersebut.

"Saya kan bilang memang panen bergeser ke Q2, dari Q1. Itu kan gak berulang. Bagaimana ke depan? Saya tidak pernah bilang perkeonomian indonesia tahun ini akan 5,2 persen atau kurang. Saya selalu bilang, 5,3 - 5,4 persen," pungkasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up