JawaPos Radar

Usai Gempa NTB, BPBD Kabupaten Malang Pasang Tiga EWS Untuk Antisipasi

06/08/2018, 17:20 WIB | Editor: Budi Warsito
Usai Gempa NTB, BPBD Kabupaten Malang Pasang Tiga EWS Untuk Antisipasi
BPBD pasang EWS di wilayah Lebakharjo, Ampelgading, salah satu pesisir pantai di Kabupaten Malang (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang melakukan upaya antisipasi terjadinya gempa bumi. Ini dilakukan pasca dua kali gempa bumi besar yang mengguncang Nusa Tenggara Barat dalam sepekan terakhir.

Bambang Istiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang menjelaskan, mereka memasang tiga early warning system (EWS) sebagai antisipasi. EWS ini, dipasang untuk memberikan peringatan dini kepada masyarakat soal beberapa bencana, salah satunya gempa bumi.

Daerah yang dipasang EWS adalah Ngantang, Poncokusumo dan Ampelgading. Ketiganya dipilih karena dianggap rawan gempa. Ngantang dan Poncokusumo merupakan daerah pegunungan. Sedangkan Ampelgading adalah pesisir selatan, yang dikhawatirkan terjadi tsunami.

"Dengan alat ini, masyarakat bisa mengetahui secara dini adanya bencana. Sehingga bisa melakukan langkah penyelamatan diri sendiri maupun keluarga dan lingkungan sekitarnya," beber Bambang, Senin (6/8).

Dia berharap, dengan dipasang alat itu, bisa mengeliminasi munculnya korban jiwa. Selain memasang EWS, Bambang menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan langkah sosialisasi kepada siswa sekolah. Mulai dari jenjang SD hingga SMA. Selain itu, juga diberikan kepada masyarakat luas.

Bambang juga mengakui, tiga titik EWS itu masih kurang. Sebab wilayah Kabupaten Malang masuk kategori daerah rawan bencana. Namun, secara bertahap, akan diusulkan untuk pengadaannya. Manfaatnya, titik-titik rawan bencana di Kabupaten Malang terpasang alat tersebut.

"Dengan dipasang EWS dan sosialisasi risiko bencana kepada masyarakat, maka korban bencana alam bisa ditekan," tandas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up