JawaPos Radar

Pilpres 2019

Jika Hanya Diam Saat Diserang Maka Dianggap Kalah Secara Politik

06/08/2018, 16:20 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jika Hanya Diam Saat Diserang Maka Dianggap Kalah Secara Politik
Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Pidato Jokowi ketika di hadapan relawannya yang meminta untuk berani melawan menuai pro kontra. Ada yang memandang sinis, ada juga yang membela.

Salah satu pembelaan itu datang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Elite partai berlambang kakbah itu menganggap ajakan presiden ketujuh itu adalah suatu yang wajar kepada relawannya.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan, arahan yang dimaksud Jokowi bukanlah menebar permusuhan, apalagi saling membenci antarsesama. "Namun ketika diserang ya tidak boleh berdiam diri, namanya saja pertarungan politik," ujar Baidowi saat dihubungi, Senin (6/8).

Menurut politikus yang pernah jadi wartawan itu, ketika terjadinya serangan politik semua pihak tidak boleh berdiam diri. Jika dibiarkan akan menimbulkan efek buruk. "Jika hanya diam saat diserang dan tidak membalas, maka akan dianggap kalah secara politik," katanya.

Awiek begitu Baidowi disapa, mengajak semua pihak memaknai arahan Jokowi kepada relawannya itu harus secara utuh. Sangat wajar kiranya seorang capres memberikan semangat kepada pendukungnya. Pendukung harus merapatkan barisan. "Apalagi diserang hoax ya, ya tidak mungkin didiamkan," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada relawannya di Pilpres 2019. Bahkan Jokowi meminta relawannya berani bertindak apabila diajak berantem oleh pihak lain.

Arahan itu disampaikan saat Jokowi berbicara di Rapat Umum Relawan Jokowi, bertempat di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8). "Tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang lain. Tapi kalau diajak berantem juga berani.‎ Tapi jangan ngajak lho. Saya bilang tadi, tolong digarisbawahi. Jangan ngajak. Kalau diajak, tidak boleh takut," kata Jokowi.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up