JawaPos Radar

KontraS Sumut Beri Pelatihan Kepada Polisi

06/08/2018, 20:15 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kombes Pol Dadang Hartanto
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto saat enjadi pembicara di pelatihan KontraS Sumut. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan untuk kepolisian. Kegiatan itu untuk mendorong penegakan hukum yang berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).

Sesuai catatan KontraS, penegakan hukum acapkali menggunakan metode yang dianggap melanggar HAM. Praktik kekerasan masih sering terjadi. Sampai pemenuhan hak tersangka juga terkadang diabaikan.

Koordinator KontraS Sumut Amin Multazam Lubis menjelaskan, pelatihan ini harus menjadi semangat baru kepolisian dalam memahami HAM. Terlebih dalam seluruh kegiatan yang dilakukan dalam penindakan perkara di kepolisian.

"Memang sudah banyak perbaikan di instansi Polri. Namun di dalam realitanya, kami menilai problem klasik. Kekerasan dan praktik penyiksaan kepada para pelaku kejahatan masih terjadi. Sehingga hari ini kami ingin duduk bersama dengan mitra, kepolisian dan NGO untuk mendudukkan pemahaman tentang HAM," ujar Amin di sela acara di Garuda Plaza Hotel, Kota Medan, Sumut, Senin (6/8).

Selama ini, KontraS Sumut memang fokus pada penegakan HAM. Tindak pelanggaran HAM di kepolisian juga menjadi atensi penting bagi lembaga yang diinisiasi Almarhum Munir tersebut.

Secara regulasi, kebijakan di kepolisian sudah mengatur soal HAM. Namun masih minim dalam pelaksanaannya. "Melalui forum ini menjadi media alternatif untuk berkonsolidasi dan berdiskusi guna saling memberi input postitif dalam rangka mendorong proses pemolisian yang memang sebenar-benarnya menjunjung tinggi HAM", tegas Amin.

Pelatihan itu diapresiasi Polrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto. Menurutnya, ini adalah bentuk evaluasi institusinya untuk berbuat yang lebih baik demi melayani masyarakat.

"Acara ini merupakan salah satu peran dari masyarakat yang diberikan untuk berpikir bagaimana polisi menjadi lebih baik. Saya mendorong untuk acara seperti ini rutin dilaksanakan agar menjadi pintu masuk untuk terus memperbaiki kinerja kepolisiaan," tegas Dadang.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up