JawaPos Radar

88 Komputer SMPN 21 Surabaya Ludes Terbakar

06/08/2018, 15:54 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Sekolah Kebakaran
Petugas PMK menyedot air selokan untuk memadamkan kebakaran di SMPN 21 Surabaya, Senin (6/8). (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kebakaran di SMPN 21 Surabaya sempat membuat panik para guru dan siswa. Beruntung tidak sampai jatuh korban pada peristiwa tersebut. Namun, 88 komputer milik sekolahan ludes terbakar.

Kepala SMPN 21 Surabaya Chamin Rosyidi menerangkan, api pertama kali muncul dari gudang. Tempat itu menjadi satu dengan aula, tapi letaknya ada di bagian belakang. "Kami sudah berusaha memadamkan api pakai tabung pemadam. Sudah sampai habis empat tabung, tapi nggak nutut," terang Chamin kepada wartawan, Senin (6/8).

Lantaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR) tidak bisa mengatasi, kebakaran akhirnya meluas. Si jago merah menjalar menuju lantai dua. Dua komputer server di dua ruangan ikut terbakar. Satu ruangan berisi 40 unit komputer, dam satu lagi berisi 48 unit komputer. Sehingga totalnya 88 unit komputer.

Seluruh komputer tersebut tidak bisa diselamatkan. Petugas sekolah hanya bisa memindahkan benda-benda yang ada di aula. "Aula isinya kursi plastik, kertas-kertas, serta ada beberapa material proyek pembangunan gedung bisa kami evakuasi keluar," lanjutnya.

Sementara itu, dibutuhkan sebanyak 13 unit mobil PMK untuk memadamkan bangunan sekolah yang terletak di Jalan Jambangan IV, Surabaya itu. Proses pembasahan selesai sekitar pukul 12.29 WIB. "Kami terbantu karena lokasi sekolah dekat dengan sumber-sumber air," jelas Kabid Operasional Dinas Pemadan Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Bambang Vistadi.

Dari pantauan JawaPos.com, petugas PMK memang terlihat menyedot air selokan yang mengalir di depan sekolah. Warga sekitar juga membantu untuk menyisihkan sampah-sampah yang ada di air.

Bambang menambahkan, untuk penyebab kebakaran belum diketahui. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada polisi. Dari keterangan yang dikumpulkan petugas PMK, api terlihat di ruang arsip lantai 1. "Ada satu kelas yang terbakar, namun hanya pada bagian atapnya saja," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda SMPN 21 Surabaya, Senin (6/8). Api diduga berasal dari gudang yang kemudian cepat menjalar ke aula, lab komputer, dan ruang kelas di lantai 2. Seluruh siswa dan guru berhasil dievakuasi keluar.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up