JawaPos Radar

Keliling Kota Tunggangi Gajah Warnai Pekan Kebudayaan Aceh

06/08/2018, 15:09 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Keliling Kota Tunggangi Gajah Warnai Pekan Kebudayaan Aceh
Pawai budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 makin semarak dengan kehadiran gajah yang ditunggangi kepala daerah berkeliling kota Banda Aceh, Senin (6/8). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pawai budaya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 makin semarak dengan kehadiran gajah yang ditunggangi kepala daerah berkeliling kota Banda Aceh, Senin (6/8). Pawai tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota se-Aceh.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kapolda dan Pangdam Iskandar Muda berkonvoi dari Lapangan Blang Padang, berkeliling ke pusat. Kemudian kembali lagi ke tempat semula.

Masing-masing daerah menampilkan ciri khas dan keunggulan budaya masing-masing melalui pakaian yang digunakan. Mulai dari baju adat, gaun kreasi, putroe bungong, atraksi budaya dan kearifan lokal ditampilkan dalam pawai tersebut.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman ketika melepas peserta mengatakan, pihaknya siap menyambut dan melayani para tamu yang datang dari seluruh Aceh. Ini untuk memeriahkan even empat tahunan ini.

"Selamat datang di Kota Banda Aceh. Selamat mengikuti PKA 7. Mari bersama kita meriahkan dan sukseskan event ini. Mari kita tunjukkan keluhuran budi dan kekayaan adat budaya Aceh ke mata dunia," kata Aminullah.

Pawai PKA ke-7 ini mengambil rute Blang Padang menuju ke Simpang Jam. Para peserta akan melintasi gedung Meuligoe Gubernur Aceh, selanjutnya menuju ke Panggung Kehormatan yang berada di sisi utara Masjid Raya Baiturrahman. Usai berkeliling rute itu, peserta pawai akan kembali ke Lapangan Blang Padang.

Peserta pawai berjalan beriring dengan dipimpin Nova yang menunggangi gajah. Tunggangan gajah sebagai simbol sejarah dan heroik. Di mana gajah dahulu dipakai sebagai kendaraan bahkan alat perang di masa kerajaan. Konvoi juga diikuti oleh pejalan kaki dan pengendara mobil hias.

Panyelenggaraan PKA dibuka resmi Minggu (5/8) malam oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya.

Berbagai atraksi budaya akan ditampilkan selama PKA berlangsung. Taman Sulthanah Safiatuddin akan menjadi pusat dari kegiatan budaya tersebut. Tak hanya atraksi budaya, PKA juga diisi dengan Aceh Expo.

(mal/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up