JawaPos Radar

Tambah Pasokan Hari Raya Kurban, Pedagang Datangkan Kambing dari Jatim

06/08/2018, 16:25 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Hewan Kurban
HEWAN KURBAN: Kaum muslimin menyiapkan hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin dalam perayaan Idul Adha. (Nur Chamim/Radar Semarang/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Pedagang kambing di Kota Solo mulai menambah pasokan menjelang Idul Adha tahun ini. Selain mendatangkan kambing dari eks Karesidenan Surakarta atau Soloraya, para pedagang juga mendatangkan kambing dari wilayah Jawa Timur, seperti Kabupaten Ngawi dan sekitarnya. 

"Biasanya saya mendatangkan kambing dari wilayah di Soloraya, seperti Wonogiri, tetapi kalau seperti ini juga mendatangkan dari wilayah Jatim seperti Ngawi, " terang salah seorang pedagang kambing di Pasar Semanggi, Solo, Bambang Palu, 58, kepada JawaPos.com, Senin (6/8).

Pedagang yang sudah berjualan kambing lebih dari 35 tahun itu mengatakan, memasuki momen Idul Adha atau lebaran kurban, permintaan hewan kurban khususnya kambing juga akan mengalami peningkatan. 

Maka dari itu, dirinya pun akan menambah pasokan kambing agar tidak mengecewakan pelanggannya. Tetapi, Bambang melanjutkan, kualitas hewan yang didatangkan dari Jatim masih di bawah kambing dari Soloraya. Salah satunya mengenai ketahanan hewan itu sendiri.

"Makanya harganya lebih murah dibandingkan dengan harga kambing yang didatangkan dari Soloraya. Daya tahannya kurang bagus," ucapnya. 

Mengenai jenis kambing yang disediakan beraneka jenis. Ada kambing gembel, kambing Jawa, kambing Jawa Randu, dan juga peranakan etawa. Harga dari berbagai jenis kambing tersebut juga berbeda. Tetapi untuk kisaran harga mulai dari Rp 1,6 juta sampai di atas Rp 3 juta.

Sementara itu, pedagang lainnya, Agus Santosa,52, mengatakan, peningkatan jumlah pencari hewan kurban akan terjadi mendekati hari pelaksanaan kurban. 

Ia memprediksi, permintaan kambing akan meningkat lebih dari 50 persen. "Kalau biasanya dalam sehari rata-rata bisa menjual 20-25 kambing, tapi saat mendekati kurban bisa mencapai seratusan. Makanya nanti saya juga akan menambah pasokan kambing," urainya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up