JawaPos Radar

Jelang Kemerdekaan, Peluang Bisnis Ini Bisa Laris Manis

06/08/2018, 14:56 WIB | Editor: Mochamad Nur
Jelang Kemerdekaan, Peluang Bisnis Ini Bisa Laris Manis
Ilustrasi peganag asesoris bendera marak menyambut HUT RI (DOK. Radar Lombok/JPG)
Share this image

JawaPos.com - Memperingati perayaaan kemerdekaan Indonesia sebentar lagi akan tiba. Mengutip situs resmi acak aja.com, sebenarnya ada beberapa peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dari peringatan kebebasan tanah air kita.

1. Jualan Kaus

Berjualan kaus bertema nasionalis bisa dipilih untuk dikenakan dalam acara-acara peringatan. Desain gambarnya pun tidak perlu rumit, cukup menulis kata Merdeka Atau Mati ataupun Indonesia di bagian depan kaos, namun disini sisi kreativitas Anda bakal diuji untuk menentukan kata yang menarik.

Untuk modal tidak perlu khawatir, yang harus Anda siapkan adalah kaus polos dengan berbagai ukuran. Setelah itu Anda bisa mencari vendor untuk melakukan proses sablon, atau jika ingin cepat, Anda bisa memilih metode cetak dengan digital print.

Sebagai sarana untuk berjualan, Anda bisa memulainya dengan menggunakan media sosial yang Anda milki.

2. Sewa Baju Adat dan Sepeda

Sebagai bagian dari riuhnya perayaan kemerdekaan Indonesia, biasanya di beberapa lokasi menggelar pawai carnaval untuk anak-anak. Pakaian yang digunakan biasanya pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia ataupun profesi unik seperti dokter, polisi, tentara atau bahkan astronot.

Momen tersebut dapat Anda gunakan untuk menyewakan pakaian adat untuk anak-anak. Anda dapat membelinya di toko online ataupun konvensional. Cukup beli sekali, namun bisa Anda sewakan berulang-ulang.

3. Menjual Peralatan Lomba

Berbicara tentang perayaan 17 Agustus rasanya tidak lengkap jika tidak membahas tentang lomba. Hal ini bahkan menjadi semacam budaya yang terus dilakukan masyarakat untuk memeriahkan HUT kemerdekaan.

Lomba yang biasanya ditunggu-tunggu adalah lomba panjat pinang. Anda dapat menjadi salah satu suppliernya lho.

Anda dapat mencari batang pohon pinang di daerah Banten untuk kemudian menjualnya kembali. Selain itu lomba lain yang juga dapat dimanfaatkan adalah lomba tarik tambang dan juga balap karung.

4. Jasa Fotografi

JIka Anda memiliki kemampuan fotografi yang baik, Anda dapat memanfaatkan hal itu untuk menjual jasa foto bagi anak-anak. Biasanya menjelang dan pasca 17 Agustus setiap Anak akan diwajibkan menggunakan pakaian Adat daerah tertentu.

Anda dapat menawarkan jasa tersebut di sekolah-sekolah ataupun tempat belajar – mengajar lainnya. Anda juga dapat menjual jasa foto pada saat pawai carnaval berlangsung.

Perlu diingat, sekecil apapun bisnis Anda buatlah pembukuan atas uang masuk dan uang keluarnya. Hal itu dimaksudkan agar Anda dapat cermat dalam mengelola keuangan pribadi.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up