JawaPos Radar

Ekonomi RI Tumbuh 5,27 Persen, Ini Pemicunya

06/08/2018, 14:35 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Ekonomi RI Tumbuh 5,27 Persen, Ini Pemicunya
Badan Pusat Statistik (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang triwulan II 2018 tercatat sebesar 5,27 persen. Tumbuh lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2018 yang hanya 5,06 persen.

Secara kuartal ke kuartal (Q to Q), pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi sebesar 4,21 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan, ada beberapa faktor yang membuat ekonomi Indonesia tumbuh signifikan. Pertama, faktor musiman pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan.

"Terjadi panen raya beberapa komoditas tanaman perkebunan seperti kopi dan tebu," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (6/8).

Disamping itu, Hari Raya Idul Fitri pada Juni lalu turut mendorong pertumbuhan beberapa lapangan usaha, seperti jasa perusahaan, jasa lainnya, perdagangan besar dan eceran, serta reparasi mobil dan sepeda motor.

Pertumbuhan juga terjadi pada semua lapangan usaha. Di mana, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 9,93 persen, diikuti oleh jasa perusahaan sebesar 3,37 persen, jasa lainnya sebesar 3,30 persen, perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 3,19 persen.

"Tentu ini capaian bagus dan perlu dipertahankan," tutupnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up