JawaPos Radar

Analisis Kapolres Jakarta Barat

Pelaku Street Crime Adalah Pengguna Narkoba?

06/08/2018, 14:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pelaku Street Crime Adalah Pengguna Narkoba?
Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi bersama jajaran saat pengungkapan kasus 30 kilogram sabu. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Setelah mengungkap kasus narkotika seberat 30,3 kg, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan akan menganalisa keterkaitan kejahatan jalanan (street crime) dengan penyalahgunaan narkoba.

Hengki mengemukakan ada fakta yang ditemukan dari maraknya kasus pencurian atau yang lebih dikenal dengan penjambretan yang akhir-akhir ini tengah ramai. Hasil dari analisa, diketahui sebagian besar para pelakunya positif narkoba.

"Ya, sebagian besar pelakunya positif narkoba. Bahkan dari 8 tersangka kasus tenda oranye yang korbannya salah satunya dirjen PUPR, seluruhnya positif narkoba termasuk yang diambil tindakan tegas," tegasnya di Mapolres Jakarta Barat, Senin (6/8).

Dari pengungkapan itu, Hengki pun melihat ada analisa-analisa yang dapat terungkap. Seperti, ada dugaan para pelaku street crime telah kehilangan empati dan rasa takut saat melakukan aksinya, karena ada di bawah pengaruh narkoba khususnya sabu.

"Apakah mereka ini lakukan tindakan kejahatan narkoba karena murni kebutuhan ekonomi atau karena dalam pengaruh narkoba. Ini masih kami dalami," tutur Hengki.

Lebih jauh, Hengki menyampaikan sebagian besar para pelaku street crime yang ditangkap di Jakarta Barat positif sabu. Bahkan, kedelapan anggota dari tenda oranye positif narkoba dan ini merupakan sindikat kejahatan.

"Ini kan sindikat kejahatan, pagi mereka berkumpul di Teluk gong kemudian beraksi, lalu siang atau sore mereka setor. Kita akan dalami karena otaknya belum ketangkap sampai sekarang. Ini membuktikan ada hubungan antara narkoba dan kejahatan jalanan. Ini fatalitas sangat berbahaya," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up