JawaPos Radar

PMI Jateng Distribusikan 1 Juta Liter Air Bersih

06/08/2018, 12:09 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bantuan Air Bersih
ILUSTRASI: Bantuan air bersih. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kekeringan melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng). Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng pun turut memberikan bantuan air bersih. Tercatat sudah 1 juta air bersih yang disalurkan kepada warga terdampak kekeringan hingga Minggu (5/8) kemarin.

Distribusi air bersih dilakukan di 10 kabupaten yang menjangkau lebih dari 52.037 jiwa. "Daerah yang mendapat bantuan air bersih adalah Wonogiri, Klaten, Kabupaten Tegal, Pati, Grobogan, Boyolali, Sragen, Purbalingga, Purworejo dan Kabupaten Pekalongan,” kata Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto di Markas PMI Jateng, Semarang, Senin (6/8).

Dalam pendistribusian, PMI Jateng menggunakan truk tangki. Kapasitasnya 4 ribu hingga 6 ribu liter sekali angkut. Sehari, pendisribusian bisa dilakukan 2-3 kali.

“Setiap tangki air dapat melayani dua sampai tiga RT. Setiap warga rata-rata bisa memperoleh air sebanyak empat ember dan dua jeriken berkapasitas sekitar 40 liter,” terangnya.

Imam menegaskan, PMI Jateng berkomitmen membantu pemerintah dalam menyediakan kebutuhan air bersih. Baik dari permintaan warga maupun koordinasi dengan pemda setempat.

“PMI di kabupaten/kota juga melakukan kerja sama dengan berbagai instansi. Seperti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan swasta lain untuk distribusi air ke pemukiman warga,” tandas Imam.

Sejak sebulan terakhir, Jateng dilanda bencana kekeringan ekstrem. Berdasarkan data BPBD Jateng, ada ratusan kecamatan dan desa di 21 kabupaten/kota yang terdampak. Terparah di Kabupaten Grobogan. Disusul Kebumen, Purworejo, Sragen, dan Cilacap.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up