JawaPos Radar

Huawei Siapkan Ponsel Tiga Kamera Lagi, Spesifikasinya Gila

06/08/2018, 11:32 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
huawei p20 pro, huawei mate 20, huawei mate 20 pro
Huawei P20 Pro, ponsel dengan gelar kamera terbaik versi DxOMark. (Gizmochina)
Share this

JawaPos.com – Huawei tampaknya ketagihan membuat smartphone dengan tiga kamera utama sekaligus. Hal tersebut mungkin berangkat dari gelar yang disandang oleh perangkat tiga kamera pertamanya, Huawei P20 Pro, yang hingga kini masih bertengger di puncak klasemen ponsel dengan kamera terbaik versi DxOMark.

Melanjutkan suksesnya P20 Pro dengan kategori ponsel pintar dengan kemampuan kamera terbaik itu, kini Huawei kabarnya berencana meluncurkan kembali handset terbarunya yang akan datang dengan set-up main triple camera.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Gizmochina, Senin (6/8), beberapa waktu lalu, XDA Developers telah mengungkapkan sedikit informasi penting pada seri Huawei Mate 20 mendatang melalui file firmware yang bocor. Nah kini, kabar terbaru menyebut bahwa smartphone Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro akan datang dengan pengaturan tiga kamera.

huawei tiga kamera, huawei mate 20, huawei mate 20 pro
Ilustrasi: logo Huawei. (Gizmochina)

Adapun beberapa informasi lebih lanjut tentang seri Mate 20 telah bocor dan digali melalui sumber rantai pasokan. Dari sana terungkap bahwa Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro memiliki codename masing-masing dengan ‘HIMA’ dan ‘LAYA’.

Menariknya, nama kode kedua ponsel apabila disambung menjadi Himalaya. Nama tersebut telah disetujui Badan Transmisi Radio di Tiongkok. Kedua smartphone itu dikabarkan akan menampilkan sistem tiga kamera.

Untuk Huawei Mate 20 kabarnya akan menampilkan pengaturan kamera 3 megapiksel + 20 megapiksel + 8 megapiksel. Sementara Huawei Mate 20 Pro yang lebih canggih mungkin akan dilengkapi dengan kamera 40 megapiksel + 20 megapiksel + 8 megapiksel. Seperti model pendahulunya, kamera Mate 20 dan Mate 20 Pro akan direkayasa oleh pabrikan lensa kenamaan, Leica.

Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro keduanya diharapkan akan menampilkan sensor kamera Sony IMX300 dan IMX600. Sensor ketiga Mate 20 akan menjadi lensa telefoto CMOS yang baru. Biaya modul tiga kamera diperkirakan akan berkurang menjadi USD 40 atau berkisar Rp 580 ribu. Harga tersebut lebih murah dari harga saat ini sebesar USD 60 atau setara Rp 870 ribu. Oleh karena itu, masuknya kamera triple tidak akan meningkatkan harga dari duo Mate 20 ini.

Kebanggaan lain yang akan dibawa ponsel ini adalah System on Chip (SoC) Kirin 980 yang dijadwalkan akan diumumkan akhir bulan ini. Kirin 980 akan menjadi chipset yang menggerakkan ponsel Mate 20 dan Mate 20 Pro.

SoC 7nm dari Huawei diharapkan dapat memberikan clocking speed maksimu hingga 2,8 GHz. Rumor lain mengklaim bahwa Kirin 980 akan menampilkan grafis homegrown Huawei. Namun, informasi yang lebih baru menyebut bahwa itu akan mencakup pengolah grafis Mali G72MP24.

Kemudian kabarnya, Huawei baru-baru ini mengantongi sertifikasi 3C untuk generasi baru adaptor pengisian cepat 40 W. Oleh karena itu, kemungkinan bahwa duo Mate 20 akan membawa dukungan untuk pengisian cepat 40 W.

Menurut laporan XDA Developers, Mate 20 dapat menampilkan layar AMOLED 6,3 inci, sedangkan Mate 20 Pro mungkin memiliki layar lebih besar, yakni 6,9 inci. Kedua ponsel ini mungkin dikemas dengan baterai 4.200 mAh. Selain itu, smartphone ini akan dilengkapi dengan EMUI 9.0 Android 9.0.

Terakhir, Mate 20 Pro diharapkan tiba dengan pemindai sidik jari di bawah layar. Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa untuk hasil yang lebih baik, layar AMOLED dari Mate 20 Pro akan ditanamkan sensor sidik jari ultrasonik untuk hasil yang akurat. Meskipun dispekulasikan bahwa Mate 20 akan menampilkan pembaca sidik jari kapasitif, laporan baru menyatakan bahwa Mate 20 dan Mate 20 Pro keduanya akan menampilkan pembaca sidik jari di layar.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up