JawaPos Radar

PMI Solo Kirim Tim Medis ke NTB

06/08/2018, 10:59 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
PMI Solo
BANTUAN: Sejumlah anggota relawan tengah bersiap untuk berangkat ke lokasi gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gempa bumi menguncang kawasan Lombok, Nusa tenggara Barat (NTB). Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo turut peduli dengan mengirimkan tim medis dan relawan untuk membantu para korban.

Mereka sekaligus membawa peralatan dan obat-obatan untuk penanganan korban. Rencananya, tim berada di lokasi gempa untuk penanganan korban selama tujuh hari ke depan.

"Untuk pertama ini kami coba seminggu dulu. Tapi nanti kalau masih dibutuhkan akan diperpanjang. Tetapi untuk kru atau timnya akan diganti," terang Ketua PMI Cabang Solo Susanto kepada JawaPos.com di sela memberangkatkan tim medis dan relawan di Markas PMI, Senin (6/8).

Ada 11 orang yang dikirim ke Lombok. Di antaranya dua orang dokter, tiga perawat, satu apoteker, dua psychosocial suport program, rescue dan relawan.

Para relawan berangkat menggunakan dua mobil. Yakni, mobil ambulans dan mobil double kabin yang membawa sejumlah peralatan serta obat-obatan. "Perkiraan tim ini tiba di lokasi lusa, dan untuk penempatannya masih menunggu instruksi dari PMI pusat," terangnya.

Sekretaris PMI Cabang Solo Sumartono Hadinoto menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PMI provinsi dan PMI Pusat. Mengingat lokasi yang akan dituju berada di luar provinsi, bahkan di luar pulau.

Sehingga sebelum memberangkatkan relawan PMI harus mendapatkan izin dari PMI Pusat. "Semalam kami sudah berkoordinasi dengan PMI Jateng dan Pusat. Kemudian PMI Pusat memerintahkan untuk memberikan bantuan ke korban," kata Sumartono.

Para anggota tim sudah mendapatkan pelatihan untuk penanganan korban. Sehingga nantinya saat berada di lokasi, tim sudah bisa langsung melakukan penanganan.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up