JawaPos Radar

Nyaleg, Manohara Odelia Pinot Kuliah Politik Bersama Nasdem

06/08/2018, 11:05 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Manohara Odelia Pinot Kuliah Politik Bersama Nasdem
Manohara Odelia Pinot kuliah politik bersama Nasdem. Untuk menyempurnakan pengetahuan politiknya sebagai caleg. (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aktris Manohara Odelia Pinot akan maju menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) periode 2019-2024. Untuk itu, Manohara mengikuti kuliah politik yang dibuat partainya.

“Iya udah kayak kuliah sebenerya. Setiap hari belajar dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Kursus politik jadi kita belajar lumayan banyak juga,” ucap Manohara di acara MD Goes Public, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/8) malam.

Menurut Manohara, dia senang masuk Partai Nasdem karena selain diberi kebebasan memilih, mereka memberikan bekal yang mumpuni pada para calon. Selain itu, Manohara juga menegaskan bahwa mahar politik pun tak ada.

Manohara Odelia Pinot Kuliah Politik Bersama Nasdem
Infografis: daftar artis yang maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) tahun 2019. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

"Ya, itu nggak bener ya (mahar). Kita tidak diberikan mahar apapun dan kita tidak harus memberikan mahar apapun. Dan saya udah approach partai politik lain, mereka minta formulir aja harus bayar gitu. Makanya Nasdem itu enaknya gitu. Kita anak muda dan masih baru di dunia politik nggak dikasih pressure terlalu banyak. Justru mereka yang merangkul dan sangat mendukung kita untuk bisa belajar lebih banyak," papar Manohara.

Model yang akrab disapa Mano itu berencana masuk ke dalam Komisi empat lewat daerah pilihan (Dapil) 1, Surabaya dan Sidoarjo. Menurutnya, lewat komisi empat, dia dapat menyalurkan bakatnya yang pemerhati lingkungan dan hewan.

“Nasdem itu beda ya, kita ditanya maunya apa, di dapil mana, passion-nya apa. Aku sendiri passion-nya di lingkungan. Jadi, mau sosialisasi soal sampah, sekarang kan banyak yang bakar sampah di kota sekitar 54 persen kalau nggak salah. Di pedesaan masih 88 persen yang bakar sampah dan itu sangat-sangat bahaya buat kesehatan dan environment jadi itu yang pengen saya sosialisasikan,” tuturnya.

Disamping itu, Manohara yang sebelumnya tergabung dalam JAAN (Jakarta Animal Aid Network) juga ingin berkonsentrasi dengan pelarangan topeng monyet di dapilnya. Dia bersyukur saat presiden Jokowi masih menjadi gubernur telah membuat aturan pelarangan topeng monyet di Jakarta.

"Kan di Jakarta udah dibikin ilegal ya sama bapak Jokowi pas beliau jadi gubernur. Nah di Surabaya itu belum. Jadi, saya memang mau menghentikan itu," tutupnya menjelaskan salah satu programnya kelak.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up